Begini Cara Bank BRI Dorong Adaptasi Digital Ke SDM

Begini Cara Bank BRI Dorong Adaptasi Digital Ke SDM

Pandangan Dirut BRI Soal Bank Digital
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Digitalisasi di sektor jasa keuangan, terutama perbankan terus berkembang dengan sangat cepat. Perubahan ini memaksa setiap perseroan serta jajarannya untuk membiasakan diri dengan perubahan yang ada.

Untuk itu, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus berupaya untuk mendigitalisasi SDM-SDMnya melalui teknologi terkini. Paling anyar, bank yang dinahkodai Sunarso sebagai Direktur Utama tersebut memanfaatkan teknologi Metaverse dalam pelatihan karyawannya.

“BRI mulai melakukan transformasi digital dan culture sejak BRIVolution 1.0 dan terus beradaptasi hingga mencetuskan BRIVolution 2.0. Revolusi internet ini tidak bisa kita hindari. Metaverse menyadarkan kita bahwa generasi BRILiaN harus siap beradaptasi dengan dua dunia, yakni dunia real dan dunia nyata,” ujar Sunarso pada sambutannya beberapa waktu lalu.

Ia percaya hadirnya teknologi baru seperti metaverse akan membuat kegiatan pembelajaran para SDM BRI menjadi efektif dan efisien. Selain membuat training internal semakin efisien, teknologi digital akan mampu menjangkau lebih banyak SDM serta semakin memperkecil gap pendidikan antara pusat dan daerah.

Bank BRI memang akhir-akhir ini terus menggenjot layanan-layanan digitalnya. Februari lalu, perseroan jadi bank Indonesia pertama yang masuk Metaverse dan bahkan berencana membangun kantor cabang digital. BRI juga mengubah salah satu anak usahanya, PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga (Bank Agro) dan mengubahnya menjadi bank digital, yaitu PT Bank Raya Indonesia Tbk. (Bank Raya).

Selain terus mendorong adaptasi teknologi, BRI juga getol dalam mencari SDM baru yang akan terus meregenerasi kebutuhan perusahaan. Salah satunya adalah dengan merekrut dari universitas-universitas terbaik Indonesia. Perseroan juga memiliki program-program untuk menyaring SDM unggul, seperti BFLP (Brilian Future Leader Program), BNLP (Brilian Next Leader Program), dan BBOP (Brilian Banking Officer Program). Melalui cara dan program ini, BRI mampu menyeleksi calon SDM dengan sistematis dan menyeluruh.

Dalam mengembangkan kompetensi SDMnya, Bank BRI juga memiliki BRI Corporate University. Materi dan sistem pendidikan yang ada di BRI Corpu diharapkan bisa menyesuaikan dengan perkembangan digitalisasi bisnis terkini sekaligus mampu menjawab tantangan yang ada. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]