Bayar Utang Luar Negeri, Cadangan Devisa RI Turun Jadi Segini

Bayar Utang Luar Negeri, Cadangan Devisa RI Turun Jadi Segini

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa (cadev) Indonesia menurun. Pada akhir Februari 2024 cadev RI sebesar USD144 miliar.

Angka tersebut menurun sekitar USD1 miliar dibandingkan posisi pada akhir Januari 2024 sebesar USD145,1 miliar.

Asisten Gubernur BI, Erwin Haryono menyebutkan penurunan posisi cadangan devisa tersebut antara lain dipengaruhi oleh pembayaran utang luar negeri pemerintah.

Baca juga: Penghimpunan Devisa Hasil Ekspor BNI Melonjak 66 Persen

“Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,5 bulan impor atau 6,3 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor,” ujar Erwin dalam Keterangan resmi, Kamis, 7 Maret 2024.

Meski demikian, Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. 

Baca juga: Hilirisasi SDA Jadi Penopang Utama Sumber Devisa, Bamsoet: Harus Bisa Dikelola Sendiri

Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa akan tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga.

Hal ini juga seiring dengan sinergi respons bauran kebijakan yang ditempuh Bank Indonesia dan pemerintah dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News