Barang Hilang Saat Traveling, Ini yang Harus Dilakukan 

Barang Hilang Saat Traveling, Ini yang Harus Dilakukan 

SAAT bepergian, khususnya luar negeri, risiko barang yang hilang maupun tertukar selalu ada. Oleh karena itu selain berhati-hati, anda perlu paham apa yang harus dilakukan bila barang milik anda hilang. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda lakukan ketika kehilangan barang saat travelling.

1. Tenang, jangan panik

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah tenang. Sikap panik akan membuat anda bingung dan tergesa-gesa sehingga tak dapat mengambil keputusan yang benar. Tenangkan pikiran anda dengan duduk atau mengambil nafas sejenak. Setelah tenang, barulah anda beranjak ke tahap selanjutnya.

2. Cek kembali barang anda

Kemudian, pastikan barang anda benar-benar hilang. Seringkali, barang yang kita kira hilang ternyata tidak hilang, melainkan hanya terselip di saku atau terbenam di dasar tas. Bongkar tas dan bawaan anda perlahan-lahan dan cari dengan teliti barang yang hilang tersebut. Tanyakan juga pada pihak hotel untuk memastikan barang tak tertinggal.

3. Lapor ke kantor polisi terdekat

Setelah memastikan barang yang bersangkutan hilang, anda dapat pergi ke kantor polisi untuk melapor. Memang, melapor ke kantor polisi bukanlah jaminan barang anda ditemukan. Namun setidaknya, anda bisa sedikit bernafas lega karena ada pihak lain yang membantu pencarian barang anda.

4. Lapor ke kedutaan bila paspor hilang

Apabila barang yang hilang adalah paspor, segera datangi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) atau Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) setempat untuk mengurus pembuatan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) sebagai pengganti paspor. Dengan beberapa dokumen seperti, kartu identitas, surat keterangan kehilangan dari kepolisian setempat, salinan paspor (bila ada), dan pas foto berwarna, anda dapat melapor dan mengurus SPLP.

5. Miliki asuransi perjalanan

Terakhir,  anda perlu memiliki asuransi perjalanan untuk meminimalisir dampak kehilangan. Dengan asuransi, anda dapat melakukan klaim barang anda yang hilang. Anda dapat mempercayakan asuransi perjalanan pada asuransi terpercaya, seperti Asuransi Tugu. Asuransi pelat merah ini menawarkan berbagai macam produk asuransi. Salah satunya adalah asuransi perjalanan, T-Travella.

T-Travella akan melindungi anda dari risiko-risiko kecelakaan tak terduga yang terjadi selama perjalanan. Asuransi perjalanan ini telah mencakup berbagai biaya dan manfaat bagi pemegang polis, seperti biaya pengobatan & layanan darurat, biaya pembatalan atau pengurangan perjalanan, manfaat atas kehilangan dan  penundaan, manfaat untuk barang bawaan, dan manfaat asuransi kecelakaan diri.

Selain individu, perusahaan juga dapat menggunakan T-Travella untuk para karyawan atau direksi yang akan melakukan perjalanan dinas. Dengan T-Travella, anda dapat jalan-jalan nyaman dan aman setiap waktu. Tunggu apa lagi? Segera jalan-jalan dengan lebih nyaman bersama T-Travella (*) Evan Yulian Philaret

Related Posts

News Update

Top News