Bappebti Beberkan Hasil Verifikasi Gudang Fisik Emas PT Kinesis Monetary Indonesia

Bappebti Beberkan Hasil Verifikasi Gudang Fisik Emas PT Kinesis Monetary Indonesia

Jakarta – Biro Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), melakukan verifikasi atas integritas keuangan dan pengawasan pengelola tempat penyimpanan fisik emas vaulting PT Kinesis Monetary Indonesia.

Verifikasi itu dihadiri pihak Bea Cukai, Kliring Berjangka Indonesia (KBI), Bursa Berjangka Jakarta (BBJ), Kinesis Monetary Indonesia (KMI), dan Pos Indonesia.

Proses ini dilakukan untuk mengecek kondisi gudang penyimpanan fisik emas yang dikelola Kinesis Monetary Indonesia dan Pos Indonesia. Hasilnya, kondisi gudang sangat baik dengan tingkat keamanan berlapis. Dalam verifikasi itu juga dilakukan pemeriksaan ketersediaan fisik emas dan tingkat kemurniannya.

Biro Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi juga memastikan sistem keamanan berfungsi optimal, sesuai standar sistem keamanan yang berlaku, serta melakukan pengecekan jumlah kepingan emas guna memastikan fisik emas yang ditransaksikan di dalam bursa JFXGOLD X memang tersedia dan tersimpan dengan baik.

Baca juga: Edukasi Investor Demi Penguatan Industri Kripto, PINTU Konsisten Jadi Mitra Strategis Bappebti

Widiastuti Kepala Biro Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi Sistem Resi Gudang dan Pasar Lelang Komoditas menerangkan, ini adalah kali pertama baginya melihat gudang fisik emas yang memiliki pengamanan berlapis. Sistem pengamanannya bisa dikatakan sangat baik dan aman.

Ia berharap, ke depan transaksi fisik emas bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan lebih optimal. Komoditas emas ini sangat likuid, dan terbukti dengan peningkatan harga emas saat ini. “Hal tersebut yang menjadi bukti bahwa masyarakat juga percaya bahwa emas merupakan komoditi yang bisa dipercaya,” ujarnya dalama keterangan resmi, dikutip Rabu, 7 Agustus 2024.

Baca juga: Transaksi Aset Kripto Tembus Rp75,81 Triliun, Bappebti Perketat Pengawasan

Widiastuti menegaskan, KMI bisa membuktikan fisik emas yang ditransaksikan tersimpan dengan baik dan aman. Ini akan meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Adapun VP Remittance and Business Syariah PT Pos Indonesia, Raden Bagus Muhammad Yusuf, menambahkan, kepercayaan perlu ditumbuhkan di masyarakat. Maka itu, verifikasi menjadi bagian dari cara menyampaikan kepada masyarakat bahwa fisik emas yang ditransaksikan di bursa JFXGOLD X tersimpan lengkap dan aman di gudang penyimpanan fisik emas.

“Oleh karena itu keamanan sudah ada jaminan karena adanya pengawasan dari Bappebti selaku otorisator dari pemerintah,” imbuhnya. (*) Ari Astriawan

Related Posts

News Update

Top News