Bantu Navigasi Investor, Moduit dan Maybank Sekuritas Luncurkan Fitur Ini

Bantu Navigasi Investor, Moduit dan Maybank Sekuritas Luncurkan Fitur Ini

Jakarta – PT Moduit Digital Indonesia (Moduit) dan PT Maybank Sekuritas Indonesia (Maybank Sekuritas) berkolaborasi dan melakukan grand launching fitur MOSAIC (Moduit Stock Advisory Service). MOSAIC menggabungkan keahlian penasihat investasi berlisensi dengan layanan sekuritas dari Maybank Sekuritas.

MOSAIC sendiri sudah dirilis sejak awal 2024. Namun hanya untuk beberapa investor. Dengan grand launching ini, MOSAIC kini bisa diakses publik. Moduit menjadi platform Penasihat Investasi berlisensi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pertama yang menyediakan fitur investasi saham yang terintegrasi.

Grand launching MOSAIC digelar di Main Hall Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin, 29 Juli 2024. Gelaran ini dihadiri Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik, Founder & CEO Jeffry Lomanto, dan Presiden Direktur Wilianto Ie.

Baca juga: Moduit Gandeng Maybank Sekuritas Hadirkan Layanan Mosaic, Apa Manfaatnya Bagi Investor?

Jeffry Lomanto mengungkapkan, jumlah investor saham di Tanah Air terus meningkat dari tahu ke tahun. Antusiasme pelaku pasar itu perlu didorong dengan penguatan ekosistem pasar modal. Tantangan yang dihadapi termasuk literasi dan pemahaman investor yang belum mendalam, adanya oknum-oknum yang kurang bertanggung jawab, serta infrastruktur pasar modal yang belum optimal.

“Hal ini dibuktikan dengan kasus yang baru-baru ini terjadi, yaitu masyarakat dihebohkan oleh oknum influencers yang gagal mengelola dana investor hingga Rp71 miliar dan kasus-kasus sejenis yang pernah terjadi sebelumnya,” paparnya.

Sementara Jeffrey Hendrik menambahkan, tantangan tidak hanya berdampak negatif bagi salah satu pihak saja, tapi seluruh pelaku industri. Untuk itu, diperlukan upaya lebih serta dukungan dari seluruh pelaku industri agar dapat meningkatkan kinerja ekosistem pasar modal.

“Kami berharap dengan hadirnya platform wealth management terintegrasi, MOSAIC ini dapat membantu menavigasi sekaligus menjadi solusi investasi yang lebih efektif, lebih terjangkau dan lebih mudah diakses, sehingga ke depannya akan sangat membantu para investor,” imbuhnya.

Adapun Wilianto Ie, menerangkan, Maybank Sekuritas melihat penggabungan dari layanan digital dengan expert advise dari Penasihat Investasi di dalam produk MOSAIC adalah sebuah inovasi yang berpotensi besar untuk menangkap pasar retail di Indonesia.

“Dengan memperkuat layanan MOSAIC dalam brokerage services, kami optimis dapat menambah kepercayaan investor untuk bertransaksi di pasar modal dengan nyaman dan aman,” ujarnya.

Baca juga: Maybank Sekuritas Terbitkan 8 Waran Terstruktur

Launching ini juga dikemas dalam talkshow bertajuk “Kolaborasi Pelaku Industri Pasar Modal untuk Menciptakan Iklim Investasi Saham yang Lebih Baik”. Hadir sebagai pembicara Kepala Divisi Pengaturan & Pemantauan Anggota Bursa & Partisipan BEI Afif Saipudin, Chief of Development Moduit Edina Saputra, Head of Business Development & Partnership Maybank Sekuritas Teddy Sunandar dan Indonesia Value Investor & Edukator Rivan Kurniawan.

Rivan Kurniawan menyampaikan, dari mata investor saham, permasalahan ini tak lepas dari keterbatasan seorang investor. Akhirnya mereka memercayakan dananya kepada oknum yang tidak berlisensi resmi dari OJK.

“Padahal, penting untuk mengetahui track record dari sang ahli tersebut, seperti background lisensi, pengalaman dan kredibilitasnya. Pihak OJK telah memberikan wadah regulasi yang mengatur bahwa syarat untuk bisa memberikan strategi atau rekomendasi investasi adalah harus mempunyai lisensi Penasihat Investasi,” paparnya. (*) Ari Astriawan.

Related Posts

News Update

Top News