Bank Sumsel Babel Boyong Sederet Penghargaan Infobank-MRI BSE Awards 2023

Bank Sumsel Babel Boyong Sederet Penghargaan Infobank-MRI BSE Awards 2023

Jakarta – PT Bank Pembangunan Daerah Bank Sumsel Babel berhasil membawa pulang sederet penghargaaan pada ajang “Bank Service Excellence Monitor (BSEM) Awards 2023” di Shangri-La Hotel Jakarta, Selasa (20/6/2023).

Penghargaan diberikan langsung oleh Chairman Infobank Media Group Eko B. Supriyanto kepada Direktur Bank Sumsel Babel Achmad Syamsudin.

Sejumlah penghargaan yang berhasil ditorehkan tersebut yaitu Platinum Recognition 10 Consecutive years in service Excellence, The 1st Best in Service Excellence, The 1st Best Customer Service, The 1st Best Teller, The 1st Best Convenient Branch Experience, The 1st Best Walk in Channel, The 1st Best Internet Banking, The 2nd Best Opening Account via Mobile app, dan The 2nd Best SMS Banking.

Direktur Bank Sumsel Babel Achmad Syamsudin mengungkapkan bahwa korporasi melakukan program transformasi digital di berbagai aspek hingga menyangkut budaya kerja.

“Kita melakukan program transformasi diproses, kita bikin ekosistem. Kemudian kita bertransformasi di sistem, mulai masuk ke digital kita sudah mulai open IP kita sudah punya virtual account dan customer on boardingNah, sekarang yang kita kuatkan adalah people-nya karena bagaimana pun di proses di macam-macam itu yang kuat adalah tetap people-nya,” ujarnya.

Bank Sumsel Babel berperan penting membangun ekonomi masyarakat di perkotaan hingga ke daerah pelosok. Maka tidak mengherankan jika bank kebanggaan masyarakat Sumsel Babel ini terus mempertahankan layananya di daerah, bukan hanya digital tapi tetap mempertahankan layanan tradisional.

“Layanan tradisional tetap kita pelihara. Tetapi layanan digital kita tingkatkan seperti mobile banking. Ke depan kita banyak inisiatif-inisiatif untuk masuk ke digital,” sambungnya.

Hal itu sejalan dengan komitmen Bank Sumsel Babel untuk terus meningkatkan literasi keuangan. Salah satunya memperluas BSB Lur atau agen laku pandai. Achmad mengatakan, agen BSB Lur berbeda dengan agen laku pandai yang dimiliki bank-bank lain, di mana kebanyakan dari mereka merupakan pertanian.

Di kesehariannya, agen BSB Lur melakukan penyuluhan sekaligus menjual produk perbankan dan literasi. Masyarakat bisa dengan mudah melakukan transaksi melalui agen tersebut.

Nah, itulah keunikannya. Jadi kalau misalnya kita ada keterbatasan ATM, saya yakin dengan adanya BSB Lur itu terjamah semuanya. Kita saat ini ada sekitar 1.000 penyuluh pertanian. Sambil dia menyuluh, misalnya kelapa sawit, dia menyuluh padi dia juga bisa sebagai agen kita untuk jualan, termasuk juga untuk collection,” jelasnya.

Sementara, pemberian penghargaan didasarkan pada hasil survei yang dilakukan Marketing Research Indonesia sejak akhir 2022 hingga Maret 2023 atas kemampuan sejumlah bank dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah.

Survei bertajuk “Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2023” itu untuk mengukur kualitas layanan di mata nasabahnya, baik nasabah yang datang ke kantor cabang secara tatap muka, maupun nasabah yang memanfaatkan layanan digital banking.

Sementara itu, pengukuran customer experience nasabah dilakukan dengan menggunakan metode mystery shopping. Dengan metode ini, MRI mengukur operational efficiency dan proses layanan yang berlangsung melalui pengalaman nasabah dengan mengirimkan sejumlah shopper yang bertindak sebagai pelanggan sesungguhnya. (*) RAL

Related Posts

News Update

Top News