Perbankan

Bank Permata (BNLI) Cetak Laba Rp2,8 Triliun, Ini Penopangnya

Jakarta – PT Bank Permata Tbk (Permata Bank/BNLI) mencetak laba bersih sebesar Rp2,8 triliun pada kuartal III-2024, naik 30 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (yoy).

Direktur Utama Bank Permata, Meliza M. Rusli mengatakan, kinerja lapor biru yang diraih tersebut, ditopang oleh penyaluran kredit kepada segmen korporasi, komersial dan konsumer.

“Penyaluran kredit yang dilakukan secara fokus dan konsisten dengan prinsip kehati-hatian menghasilkan pertumbuhan kredit sebesar 8,6 persen menjadi Rp150,8 triliun dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya,” katanya, dikutip pada Jumat, 25 Oktober 2024.

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, pada kuartal III-2024, total Aset Bank tumbuh sebesar 1,1 persen menjadi Rp254,6 triliun dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, kedisiplinan bank dalam menerapkan optimalisasi neraca secara berkelanjutan berdampak positif pada rasio Loan-to-Deposit (LDR) yang meningkat ke level 81,6 persen pada September 2024 dibandingkan 75,6 persen pada September 2023.  

Baca juga : Perluas Bancassurance Syariah, Astra Life Gandeng UUS Permata Bank

Adapun, rasio Gross NPL dan Loan at Risk (LAR) Bank pada September 2024 yang membaik masing-masing pada level 2,1 persen dan 8 persen, turun dibandingkan pada level 2,9 persen dan 9,4 persen pada periode yang sama tahun sebelumnya.  

Lebih lanjut, Bank Permata terus menjaga kebutuhan cadangan atas potensi penurunan risiko kredit secara konservatif, tercermin dari rasio NPL coverage dan rasio LAR coverage masing-masing di level 381 persen dan 97 persen. 

Upaya restrukturisasi, litigasi, dan penjualan aset tetap dilakukan bank dalam melakukan penyelesaian kredit bermasalah. 

Baca juga : Ramai Fenomena Makan Tabungan, Permata Bank Santai Transaksi Nasabahnya Aman

CIR Semakin Baik

Melalui penerapan manajemen biaya yang disiplin serta adaptasi cara kerja digital yang lebih agile, bank berhasil membukukan rasio Cost to Income (CIR) yang semakin baik menjadi 48,9 persen pada September 2024 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 49,2 persen.

Dari sisi pendanaan, total simpanan nasabah meningkat menjadi Rp183,3 triliun pada sembilan bulan pertama tahun 2024, diiringi rasio CASA yang terjaga di level 55,1 persen.

Rasio permodalan bank berkode emiten BNLI ini saat ini merupakan salah satu yang terkuat di antara bank komersial terbesar di Indonesia, dengan rasio CAR dan CET-1 Bank tercatat masing-masing sebesar 33,2 persen dan 25,5 persen pada Kuartal III 2024. Hal ini menjadi fondasi kuat untuk prospek pertumbuhan usaha yang lebih luas dan berkelanjutan pada masa depan, baik secara organik maupun anorganik. (*)

Editor: Yulian Saputra

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Kredit Tumbuh 8,21 Persen, Bank Kalteng Raup Laba Rp286,56 Miliar di Kuartal III 2024

Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah atua Bank Kalteng mencatat pertumbuhan kinerja yang… Read More

2 hours ago

Tingkatkan Kompetensi Jurnalis, CIMB Niaga Adakan Workshop Literasi Keuangan

Bogor - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mengajak puluhan jurnalis dari 17 kota di… Read More

3 hours ago

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berbalik Dibuka Naik ke Level 7.731

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB, Jumat, 25 Oktober 2024, indeks… Read More

5 hours ago

IHSG Berpotensi Melemah, Analis Rekomendasikan Saham ASII, BFIN, BRPT hingga CPIN

Jakarta - MNC Sekuritas melihat pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara teknikal pada hari… Read More

5 hours ago

Hana Bank: Transisi Pemerintahan Baru akan Mengguncang Ekonomi RI

Jakarta - Direktur Utama Hana Bank, Jong Jin Park mengungkapkan, transisi pemerintahan baru akan memberikan dampak besar… Read More

14 hours ago

Perkuat GCG, BTN Gandeng JAMDATUN Kejaksaan RI Dalam Penanganan Masalah Hukum

Direktur Utama BTN, Nixon L.P Napitupulu memberikan sambutan saat acara kerja sama antara BTN dengan… Read More

14 hours ago