Bank BTPN Siap Berperan Aktif dalam Bursa Karbon

Bank BTPN Siap Berperan Aktif dalam Bursa Karbon

Jakarta – PT Bank BTPN Tbk. (Bank BTPN) menyambut positif dengan diluncurkannya Bursa Karbon Indonesia (IDXCarbon). 

“Kami menyambut positif dengan adanya bursa karbon itu karena untuk me-monetize beberapa klien kami yang mempunyai carbon saving,” kata Head of Wholesale, Commercial & Transactions Banking Bank BTPN, Nathan Christianto dalam Bank BTPN Sustainability Seminar 2023, Kamis 12 Oktober 2023.

Dia melanjutkan, pihaknya pun sedang mempelajari lebih lanjut untuk bagaimana perseroan bisa lebih aktif lagi dalam bursa karbon ini.

“BTPN sedang mempelajari lebih lanjut untuk ke depannya untuk bagaimana kami bisa lebih aktif dalam green financing atau bursa karbon ini,” ujar Nathan.

Dalam hal ini, pihaknya mengklaim tengah aktif di segmen berkelanjutan lainnya. Seperti pada pembiayaan di renewable energy kepada nasabahnya.

“Kalau tahun ini kita masih belum, kita masih pelajari dulu, kita aktifnya di tempat yang lain nih, pembiayaan ke renewable energy termasuk PGEO basically kita klien tapi lebih ke financing-nya,” ungkapnya.

Nathan mengungkapkan, hingga Juli 2023 nilai kredit hijau atau pembiayaan berkelanjutan Bank BTPN sudah mencapai sekitar Rp14 triliun. Angka tersebut tumbuh siginifikan, bila dibandingkan dengan akhir Desember 2022 yang nilainya Rp13 triliun.

“Nilainya untuk green dan sosial akhir desember 2022 Rp13 triliun. Ya kita sih memang terus untuk menaikkan, target kita masih lihat keseluruhan industri, tadi tahun 2022 Rp13 triliun, dan kalau gak salah angka di Juli 2023 Rp14 triliun,” imbuhnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News