Bakal Ditarif Rp25 Ribu, LRT Jabodebek Balik Modal 30 Tahun Lagi?

Bakal Ditarif Rp25 Ribu, LRT Jabodebek Balik Modal 30 Tahun Lagi?

Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah melakukan uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek. Uji coba dilakukan secara bertahap. Tahap pertama, mulai dari 12 – 16 Juli 2023. Sedangkan tahap kedua mulai 27 Juli – 15 Agustus 2023.

Masyarakat umum dapat mengikuti uji coba LRT Jabodebek. Caranya dengan mengisi link pendaftaran yang disediakan oleh operator LRT Jabodebek.

Ada empat perjalanan LRT Jabodebek per hari yang akan melayani tiga lintas antara lain lintas Cawang-Dukuh Atas, Cawang-Harjamulti, dan Cawang-Jatimulya.

Sedangkan uji coba operasional terbatas akan dilaksanakan pada pukul 08.00-12.30 WIB dengan jumlah Ditargetkan jumlah penumpang LRT maksimal 600 penumpang undangan dalam sehari.

Stasiun dan Rute LRT Jabodebek

LRT Jabodebek sendiri memiliki 18 stasiun yang akan melayani masyarakat dengan 31 rangkaian yang di setiap rangkaiannya terdiri dari enam kereta.

Ada 12 stasiun yang beroperasi melayani masyarakat untuk lintas perjalanan Cibubur, dari Dukuh Atas hingga Harjamukti. Adapun daftar stasiun LRT Jabodebek lintas Cibubur di antaranya, Stasiun LRT Dukuh Atas, LRT Setiabudi, dan LRT Rasuna Said.

Baca juga: Diuji Coba 12 Juli 2023, Ini Daftar Stasiun dan Rute LRT Jabodebek

Kemudian, ada Stasiun LRT Kuningan, LRT Pancoran, LRT Cikoko, LRT Ciliwung, LRT Cawang, LRT TMII, LRT Kampung Rambutan, LRT Ciracas dan terakhir LRT Harjamukti.

Dari 18 stasiun LRT Jabodebek itu, ada juga sebanyak 14 stasiun beroperasi melayani masyarakat untuk lintas perjalanan Bekasi. Daftar stasiunnya mulai dari Stasiun LRT Dukuh Atas, LRT Setiabudi, LRT Rasuna Said, LRT Kuningan, dan LRT Pancoran.

Lalu, ada Stasiun LRT Cikoko, LRT Ciliwung, LRT Cawang, LRT Halim, LRT Jati Bening Baru, LRT Cikunir 1, LRT Cikunir 2, LRT Bekasi Barat, dan LRT Jati Mulya.

Tarif LRT Jabodebek

Kemenhub membeberkan bocoran tarif yang akan dikenakan bagi para penumpang LRT Jabodebek. Tarifnya adalah mulai dari Rp20 ribu untuk rute Jakarta ke Bekasi atau Cibubur.

Sedangkan tarif terjauh dari Cibubur sampai Bekasi, bakal dibanderol Rp25 ribu. Estimasi tarif terendah Rp5.000. Tarif ini berlaku untuk kilometer pertama.

Jadi, setiap penambahan jarak kilometer selanjutkan akan dikenakan biaya Rp700. Hingga tarif untuk rute perjalanan dari Bekasi – Jakarta atau Cibubur – Jakarta Rp20 ribu.

Targetkan 137.000 Penumpang per Hari

Manager Public Relations Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo mengatakan, saat beroperasi penuh, penumpang LRT Jabodebek ditargetkan bisa mencapai 137.000 per hari.

Dia melanjutakan, setelah 10 tahun masa operasional, penumpang yang diangkut LRT Jabodebek ditargetkan mencapai 500.000 pengguna.

Anggaran LRT Jabodebek

Menukil kppip.go.id, Jumat, 14 Juli 2023, LRT Jabodebek merupakan 1 dari 16 Proyek perkeretaapian yang terdapat pada daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).

Untuk membangun LRT Jabodebek, pemerintah harus mengelontorkan nilai investasi hingga Rp29,9 triliun. Skema pendanaan yang digunakan dengan pemberian kepercayaan penugasan kepada PT Kereta Api Indonesia.

Baca juga: Tarif LRT Jabodebek Rp25 Ribu, Pengamat: Perlu Disubsidi

Balik Modal LRT Jabodebek

Jika dilihat dari penjualan tiket terjauh Rp25 ribu dengan target penumpang 137.000 orang per hari, maka potensi pendapatan harian LRT Jabodebek bisa mencapai Rp3,425 miliar. Jika dihitung 300 hari kerja yang ada dalam 1 tahun, maka pendapatannya bisa mencapai Rp1,027 trilun.

Apabila mengenyampingkan biaya operasional, maka dengan pendapatan sebesar itu, nilai investasi LRT Jabodebek Rp29,9 triliun baru akan terbayar sekitar 30 tahun lagi. (*)

Related Posts

News Update

Top News