Politic

Bagai Bumi dan Langit, Ini Perbandingan Kekayaan Prabowo dan Gibran

Jakarta – Ketua Umum Gerindra sekaligus calon presiden (capres) Prabowo Subianto akhirnya mengumumkan siapa yang bakal mendampinginya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Adalah Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipilih sebagai calon wakil presiden (cawapres) Prabowo.

Prabowo mengatakan, pengumuman ini merupakan yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia perihal siapa pendamping dirinya yang akan melenggang ke kontestasi Pilpres 2024.

“Saya kira ini adalah deklarasi yang saudara tunggu-tunggu. Ini sekaligus deklarasi yang kita sampaikan ke masyatakat umum,” kata Prabowo dikutip 23 Oktober 2023.

Baca juga: Sah! Gibran Rakabuming jadi Cawapres Pendamping Prabowo di Pilpres 2024

Sinyal Gibran jadi cawapres Prabowo memang sudah sangat santer muncul ke permukaan. Ditambah lagi dukungan sejumlah partai koalisi yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Salah satunya Golkar, yang tergabung dalam KIM secara resmi juga mengusung Gibran sebagai cawapres Prabowo. Pun demikian dengan Partai Bulan Bintang (PBB), mendukung Gibran sebagai pendamping Prabowo.

Diketahui, KIM sendiri terdiri dari Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), PBB, Partai Gelora dan Partai Garuda.

Dikabarkan, pasangan Prabowo dan Gibran akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Kedua tokoh publik ini tengah menjadi sorotan. Tak terkecuali dengan kekayaan yang dimiliki keduanya. Infobanknews coba mengulik perbandingan harta kekayaan Prabowo dan Gibran. Berikut ulasannya:

Kekayaan Prabowo

Terakhir, Prabowo melaporkan hartanya pada 31 Maret 2023. Mengutip data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), total harta kekayaan Prabowo mencapai Rp2,03 triliun.

Sebagian besar hartanya berasal dari surat berharga senilai Rp1,7 triliun. Selain itu, Prabowo juga memiliki 10 bidang tanah dan bangunan senilai Rp275,32 miliar. Tanah da bangunan tersebut tersebar di wilayah Bogor dan Jakarta Selatan.

Baca juga: Perbandingan Kekayaan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, Siapa yang Paling Kaya?

Prabowo juga memiliki harta lainnya senilai Rp45 miliar, harta bergerak lainnya senilai Rp16,41 miliar, kas dan setara kas senilai Rp2,52 miliar, serta utang Rp8 miliar.

Sementara untuk harga bergerak berupa kendaraan, mantan Danjen Kopassus ini tercatat memiliki tujuh mobil dan satu motor.

Ada Toyota Alphard, Honda CR-V Jeep, Land Rover Jeep, Toyota Land Cruisser, Mitsubishi Pajero, hingga Toyota Lexus. Total aset kendaraan tersebut mencapai Rp1,25 miliar.

Kekayaan Gibran

Dari LHPN Gibran tahun 2022, total harta yang dilaporkannya sebesar Rp26 miliar. Sedangkan pada tahun 2021, LHKPN Gibran sebesar Rp25,2 miliar sehingga harta kekayaan Gibran naik Rp734 juga.

Jika dirinci, harta kekayaan Gibran meliputi tanah dan bangunan dengan total Rp 17,3 miliar di berbagai daerah seperti Surakarta dan Sragen.

Kemudian, Gibran memiliki juga kendaraan senilai Rp332 juta. Di antaranya Toyota Avanza tahun 2016, hasil sendiri Rp90 juta, Toyota Avanza tahun 2012, hasil sendiri Rp60 juta, Isuzu Panther tahun2012, hasil sendiri Rp70 juta, dan Daihatsu Grand Max tahun 2015, hasil sendiri Rp60 juta.

Baca juga: Intip 10 Gurita Bisnis Gibran, Putra Sulung Jokowi yang Berpeluang jadi Cawapres

Ada juga kendaraan roda dua atau motor, seperti Honda Scoopy tahun 2015, Rp7 juta, Honda Cb-125 tahun 1974, hasil sendiri Rp5 juta, Royal Enfield Royal Enfield tahun 2017, hasil sendiri Rp40 juta.

Sementara, harta bergerak lainnya tercatat mencapai Rp260 juta. Lalu, kas dan setara kas senilai Rp3,1 miliar dan harta lainnya Rp5,5 miliar. Gibran juga tercatat memiliki utang senilai Rp 551 juta.

Apabila ditotal secara keseluruhan, harta kekayaan Gibran Rakabuming Raka mencapai Rp26.032.674.370. (*)

Galih Pratama

Recent Posts

Bibit dan Jago Ajak Curhat Keuangan untuk Tingkatkan Kesadaran Berinvestasi

Jakarta - PT Bank Jago Tbk dan PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) mengadakan acara talk… Read More

7 hours ago

Lewat Cara Ini, Bank Sampoerna Perkuat Literasi Keuangan Gen Z

Jakarta - PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) menggelar event literasi keuangan bertajuk “Sampoerna High… Read More

9 hours ago

32.055 Tiket Maroon 5 Live in Jakarta Ludes Terjual di Livin’ by Mandiri

Jakarta - Official Banking Partner konser Maroon 5 di Jakarta, Bank Mandiri berhasil melayani penjualan… Read More

9 hours ago

Perkuat Positioning di Pasar Motor Listrik, UNTD Luncurkan Merek Baru Avand E-Motor

Jakarta – PT Terang Dunia Internusa Tbk (UNTD), produsen sepeda dan motor listrik terus memperkuat… Read More

1 day ago

CIMB Niaga Targetkan 10 Juta Nasabah di 2025, Begini Strateginya

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menargetkan pertumbuhan total jumlah nasabah sebesar… Read More

1 day ago

CIMB Niaga Apresiasi Nasabah dengan XTRA XPO 2024

Pengunjung tengah memadati acara CIMB Niaga XTRA XPO, yg digelar di Jakarta. Direktur Consumer Banking… Read More

1 day ago