Awas! Pelemahan Investasi di Tahun Politik

Awas! Pelemahan Investasi di Tahun Politik

Bogor – Pertumbuhan investasi di tengah tahun politik diproyeksi akan mengalami pergerakan yang melandai atau cenderung lesu, dimana para investor masih akan melihat dan menunggu perkembangan ekonomi di Indonesia.

“Saya rasa kalau investasi itu memang sangat tergantung dari apa yang bisa kita tawarkan kepada para investor di global gitu ya, biasanya memang di tahun politik pertumbuhan investasi melandai bisa dilihat dari beberapa pemilu terakhir,” ucap Kepala Ekonom Bank Mandiri, Andry Asmoro kepada media dikutip, 27 September 2023.

Baca juga: BI Catat Posisi Investasi Internasional RI Menurun jadi Segini

Meski begitu, dirinya tetap optimis penurunan investasi tidak akan terlalu dalam, jika Pemerintah melalukan beberapa agenda-agenda yang menarik investor dari luar negeri untuk berinvestasi di Indonesia.

“Misalnya inisiatif hilirisasi tadi ya itu bisa juga tetap dilakukan walaupun di tahun politik ya, nikel sudah dijalankan, hilirisasi kepada beberapa industri yang lain juga bisa dilakukan,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, dirinya juga melihat potensi investasi di kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) di Indonesia juga mampu menarik investor asing, namun tetap fokus untuk berdaya saing.

Baca juga: SRBI jadi Instrumen Alternatif Sedot Investasi Asing

Adapun, menurutnya sejak Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hingga Presiden Joko Widodo, situasi ekonomi di Indonesia relatif stabil terlihat dari pembangunan infrastruktur yang terus berlanjut.

“Di tengah situasi politik pun kita juga tetap ramah kepada foreign investor terutama direct investment karena Indonesia butuh gitu, jadi saya rasa sih harusnya misalnya slowing down harusnya tidak terlalu deep pertumbuhan investasinya di 2024,” ujar Andry. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News