AS Umumkan Bantuan untuk Warga Palestina, Nilainya Segini

AS Umumkan Bantuan untuk Warga Palestina, Nilainya Segini

Jakarta – Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengumumkan memberikan bantuan kemanusiaan senilai $404 juta dolar atau setara Rp6,5 triliun kepada Palestina di Gaza.

“Hari ini, saya mengumumkan bantuan tambahan senilai $404 juta untuk warga Palestina, di samping lebih dari $1,8 miliar dalam bentuk bantuan pembangunan, ekonomi, dan kemanusiaan yang telah AS berikan sejak tahun 2021,” katanya dalam sebuah konferensi internasional darurat di Yordania, dikutip VOA, Jumat, 14 Juni 2024.

Baca juga: AS Kucurkan Bantuan Perang untuk Israel, Ukraina dan Taiwan, Nilainya Segini 

Menurutnya, pemberian bantuan tersebut untuk membantu warga Palestina yang rentan dan terlantar. Bantuan itu berbentuk pengiriman makanan, air minum, layanan kesehatan, pendidikan, tempat tinggal, dan dukungan psikososial.

Di konferensi itu, Blinken juga mendesak para pemimpin yang hadir untuk menekan Hamas agar menerima kesepakatan gencatan senjata dengan Israel.

Baca juga: Jokowi Lepas Bantuan Kemanusian ke Palestina dan Sudan Senilai Rp30 Miliar

“Tekan mereka secara terbuka. Tekan mereka secara pribadi. Hamas seharusnya tidak perlu diyakinkan. Lagipula, proposal tersebut hampir sama dengan proposal yang diajukan Hamas sendiri pada tanggal 6 Mei lalu,” tambah Blinken.

Sekjen PBB Antonio Guterres menyatakan, aliran bantuan kemanusiaan yang penting untuk warga Palestina di Gaza telah merosot hingga dua pertiganya sejak operasi militer Israel di perlintasan perbatasan di Rafah selatan sebulan yang lalu.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas, yang turut hadir pada konferensi itu, mengungkapkan bahwa Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan masyarakat internasional bertanggung jawab untuk menekan Israel agar membuka semua jalur penyeberangan darat ke Gaza. (*)

Related Posts

News Update

Top News