Apresiasi Emas Olimpiade, Pupuk Indonesia Grup Berkomitmen Lanjutkan Pembinaan dan Pengembangan Atlet Angkat Besi

Apresiasi Emas Olimpiade, Pupuk Indonesia Grup Berkomitmen Lanjutkan Pembinaan dan Pengembangan Atlet Angkat Besi

Jakarta – PT Pupuk Indonesia (Persero), BUMN yang menaruh perhatian pada pengembangan olahraga angkat besi mengapresisi dan bangga atas prestasi lifter Rizki Juniansyah, yang berhasil meraih mendali emas di Olimpiade Paris 2024.

Mendali yang diraih Rizki adalah emas pertama yang diraih cabang olahraga angkat besi, sejak keikutsertaan di Olimpiade 1952.

Direktur Utama Pupuk Indonesia Rahmad Pribadi mengungkapkan, Menteri BUMN Erick Thohir selalu mendorong BUMN untuk memberikan kontribusi terhadap aktivitas dan prestasi olahraga Tanah Air.

Baca juga : Pupuk Indonesia Grup Dukung Regenerasi Lifter Lewat Kerjurnas Angkat Besi

Ia juga menegaskan, prestasi Rizki di Olimpiade Paris 2024 memberikan dampak positif bagi olahraga angkat besi. Pupuk Indonesia sendiri mempunyai komitmen mendorong kemajuan olahraga angkat besi.

Sejak 2022 lalu, Pupuk Indonesia Grup telah mendukung pembinaan dan pengembangan atlet angkat besi melalui penyelenggaraan Kejurnas Angkat Besi tingkat remaja maupun dewasa.

“Melalui dukungan kegiatan ini menjadi bentuk kontribusi Pupuk Indonesia pada negara,” ujar Rahmad dalam keterangan resmi, Jum’at, 9 Agustus 2024.

Sebagai informasi, Rizki berhasil menyabet medali emas pada pertandingan angkat besi kelas 73 kg putra. Lifter berusia 21 tahun itu menyelesaikan laga dengan total angkatan seberat 354 kg berupa angkatan snatch 155 kg dan angkatan clean & jerk 199 kg. Rizki sekaligus memecahkan rekor angkatan clean & jerk Olimpiade.

Baca juga : Lewat Berbagai Program, Pupuk Indonesia Terus Berperan Menjaga Ketahanan Pangan

Sebagai upaya menjag prestasi angkat besi, terbaru Pupuk Indonesia bersama tiga anak usahanya yaitu Petrokimia Gresik, Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim), dan Pupuk Sriwidjaja Palembang menyelenggarakan Kejurnas Angkat Besi Youth U15 – U17 Pupuk Indonesia 2024 di Bandung, mulai tanggal 1 hingga 4 Agustus 2024.

Kejurnas yang digelar Pupuk Indonesia ini diharapkan menjadi salah satu wadah membina sekaligus mengembangkan para talenta angkat besi mulai dari remaja hingga dewasa.

“Rizki Juniansyah merupakan jebolan Kejurnas Angkat Besi Senior Pupuk Indonesia 2023 bersama dengan Nurul Akmal dan Eko Yuli Irawan yang mewakili Indonesia di ajang Olimpiade Paris. Kami berharap angkat besi menjadi cabor yang rutin menyumbang medali pada kejuaraan tingkat nasional maupun internasional,” pungkasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, prestasi anak bangsa merupakan tanggung jawab semua pihak. Pupuk Indonesia sebagai bagian dari BUMN tentu saja mendukung regenerasi lifter. (*) Ari Astriawan

Editor : Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News