Angka Testing Covid-19 jadi Kunci Pulihkan Ekonomi

Angka Testing Covid-19 jadi Kunci Pulihkan Ekonomi

Jakarta – Ekonom Senior Faisal Basri menilai, angka testing covid-19 berbanding lurus dengan penambahan kasus Covid-19 di sebuah negara. Dengan demikian, jumlah testing menjadi kunci agar dapat mengendalikan Covid-19 untuk segera memulihkan ekonomi di sebuah negara.

“Korelasi angka testing dengan kasus positif baru kuat sekali. Kalau testing menurun berarti akan semakin banyak orang terjangkit virus dan ekonomi belum bisa pulih,” kata Faisal dalam diskusi virtual di Jakarta, Rabu 4 November 2020.

Menurutnya, saat ini Indonesia perlu berbangga karena kasus positif Covid-19 menurun. Namun demikian, hal tersebut terjadi lantaran jumlah testing yang juga ikut menurun.

Sebagai contoh, jumlah spesimen yang diperiksa per 2 November pukul 12.00 WIB sebanyak 26.661 spesimen. Angka tersebut jauh di bawah kemampuan pemeriksaan pada Sabtu (31/10) yang mencapai 29.001 spesimen atau kapasitas testing pekan lalu yang masih bertengger di atas 30.000 spesimen per hari.

Ia mengungkapkan, pengendalian Covid-19 masih sangat penting. Faisal menyebut, meski negara menggelontorkan anggaran sangat besar namun bila Covid-19 tidak dikendalikan maka kondisi ekonomi tidak akan berjalan dengan normal.

“Seberapa pun umkm dibantu, dunia usaha dibantu kalau tidak bisa aktfitas normal ekonominya susah. Persyaratnya adalah menangani Covid ini,” tukas Faisal. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News