Anggaran Untuk Pemulihan Ekonomi Baru Terserap 21,8%

Anggaran Untuk Pemulihan Ekonomi Baru Terserap 21,8%

Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, penyerapan anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sampai dengan 6 Agustus 2020 telah mencapai Rp151,25 triliun atau setara dengan 21,8% dari pagu anggaran PEN Rp695,2 triliun.

Menurutnya, penyerapan tersebut telah mengalami peningkatan meski di beberapa sektor masih belum menunjukkan perkembangan yang berarti. “Tren penyerapannya sudah menunjukkan adanya peningkatan,” kata Sri Mulyani dalam video conference di Jakarta, Senin 10 Agustus 2020.

Lebih rinci dirinya menjelaskan, angka serapan itu terdiri dari perlindungan sosial yang masih paling tinggi yakni Rp86,5 triliun. Kemudian dukungan UMKM Rp32,5 triliun, kesehatan baru Rp7,1 triliun, sektor K/L dan pemda Rp8,6 triliun, serta insentif dunia usaha Rp16,6 triliun.

Ke depannya, Pemerintah akan berupaya memantau seluruh program yang ada di dalam PEN. Tak hanya itu, dirinya menegaskan bilamana ada hambatan, pihaknya tak segan mengubah desain dari stimulus tersebut.

“Pemerintah juga mendesain kalau dianggap adanya program sejak awal di desain tidak ada peningkatan pelaksanaan kita lakukan perubahan desain agar dampak bisa betul maksimal,” tukas Sri Mulyani. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News