Anggaran Bansos Beras Ditambah Rp8 Triliun, Masyarakat Bisa Dapat Beras Hingga 30kg

Anggaran Bansos Beras Ditambah Rp8 Triliun, Masyarakat Bisa Dapat Beras Hingga 30kg

Jakarta – Pemerintah kembali menggelontorkan dana tambahan untuk bantuan sosial (bansos) beras bagi masyarakat. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani akan menyalurkan anggaran senilai Rp8 triliun pada Oktober hingga Desember 2023.

Lebih lanjut, anggaran tersebut khusus untuk bansos berupa beras yang akan diberikan untuk 21,3 juta keluarga kelompok rentan.

Baca juga: Jumlah Penduduk Miskin RI Turun jadi 25,90 Juta Orang

“Ini adalah tambahan bansos yang kita merasakan memerlukan untuk diperkuat  pada saat guncangan dan tekanan masih kita lihat dan pemulihan ekonomi jangan sampai meninggalkan kelompok yang paling rentan,” kata Sri Mulyani dalam APBN KiTa, Senin, 24 Juli 2023.

Sehingga, tambahnya, pemerintah berupaya untuk melindungi dan memperkuat kelompok yang rentan atau miskin guna menjaga masyarakat dari guncangan naik turunnya harga komoditas.

Menkeu merinci, penyaluran bansos beras dilakukan selama tiga bulan berturut-turut  mulai dari Oktober hingga Oktober.

Baca juga: Waspada Disrupsi Beras di Tahun Politik

Tiap bulannya, keluarga penerima manfaat tersebut akan mendapatkan 10 kg beras. Artinya, dalam tiga bulan, total bansos beras yang didapatkan satu keluarga adalah 30 kg.

“Ini adalah APBN yang operasinya langsung mempengaruhi hajat hidup orang banyak. Dengan berbagai hal tersebut masyarakat tetap dijaga oleh APBN dari berbagai guncangan yang terjadi,” kata Sri Mulyani. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News