Alasan Jokowi Beri Penghargaan Bintang Jasa Pratama ke Presiden FIFA

Alasan Jokowi Beri Penghargaan Bintang Jasa Pratama ke Presiden FIFA

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penghargaan tanda kehormatan Bintang Jasa Pratama kepada Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Negara, Jumat (10/11).

Penganugerahan penghargaan dilakukan setelah Jokowi memberikan gelar pahlawan nasional kepada 6 orang pejuang di saat yang bersamaan.

Dalam keputusan yang dibacakan langsung oleh Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, dijelaskan alasan pemerintah Indonesia menganugerahkan Bintang Jasa Pratama kepada Presiden FIFA Gianni Infantino.

Baca juga: Jadwal Piala Dunia U-17 2023 Hari Ini: Indonesia vs Ekuador 

Berdasarlam Keputusan Presiden Republik Indonesia, nomor 70/TK/Tahun 2023, tentang penganugerahan tanda kehormatan Bintang Jasa Pratama, Infantino dinilai telah berjasa besar di bidang olahraga dan kiprahnya telah diakui secara internasional.

“Pengabdian dan pengorbanannya di bidang olahraga yang bermanfaat bagi bangsa dan negara, dan/atau darma bakti dan jasanya diakui secara luas di tingkat nasional, serta warga negara asing yang berjasa besar pada bangsa dan negara Indonesia,” kata Hersan ketika membacakan SK tersebut.

Selepas pembacaan SK tersebut, Jokowi lantas menyematkan tanda kehormatan kepada Gianni dan memberikan ucapan selamat kepadanya.

Sebagaimana diketahui, Presiden FIFA Gianni dianggap sebagai “pahlawan” yang berjasa dalam perkembangan sepak bola Tanah Air. Terutama, pada saat terjadi Tragedi Kanjuruhan pada 2022. 

Baca juga: Berikut Link dan Cara Beli Tiket Piala Dunia U-17 2023

Kala itu, FIFA, bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dan PSSI, membuat sebuah desain road map pengembangan sepak bola Indonesia.

“Ini adalah sebuah kehormatan bukan hanya bagi saya, tetapi juga seluruh komunitas sepak bola di dunia,” kata Gianni. (*)

Related Posts

News Update

Top News