Akuisisi Rampung, MSIN Mulai Kolaborasi Sinergis dengan RAAM

Akuisisi Rampung, MSIN Mulai Kolaborasi Sinergis dengan RAAM

Jakarta – PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN) pada hari ini (13/9) mengumumkan bahwa telah berhasil menyelesaikan investasi strategis di PT Tripar Multivision Tbk (RAAM). Aksi akuisisi tersebut diyakini MSIN terhadap masa depan industri hiburan dan menjadi langkah perluasan operasi di pasar Indonesia.

Dalam keterbukaan informasi BEI, MSIN berharap bersama dengan RAAM dapat mengeksplorasi peluang baru, meningkatkan sinergi, dan terus memberikan pengalaman hiburan yang tak tertandingi kepada pemirsa lokal dan internasional.

Selain itu terdapat lima kolaborasi atau sinergi strategis yang bakal dilakukan keduanya pasca akuisisi, antara lain:

  1. Produksi Konten: Expertise gabungan akan memungkinkan kedua perusahaan untuk mendominasi pembuatan dan delivery konten di semua platform media: TV free-to-air (FTA), TV berbayar, media sosial, OTT, dan bioskop
  2. Efisiensi Biaya: Memanfaatkan Movieland sebagai fasilitas produksi utama akan mengurangi biaya produksi secara signifikan
  3. Shared Expertise: MSIN dan RAAM masing-masing adalah pemimpin di industri FTA TV dan bioskop, dengan berbagi keahlian, kedua perusahaan akan meningkatkan kualitas penawaran mereka ke depannya
  4. Monetisasi yang Beragam: Sebagai bagian dari MNC Media & Entertainment, MSIN akan menawarkan peluang monetisasi tambahan untuk konten RAAM di TV FTA, TV Berbayar, OTT, dan media sosial. Sebaliknya, bioskop milik RAAM di Indonesia akan memberi MSIN lebih banyak peluang untuk memonetisasi film-filmnya melalui perilisan film
  5. Inisiatif Kolaboratif Lainnya: Kolaborasi lebih lanjut dalam pemasaran, promosi, dan operasi akan menghasilkan manfaat bagi MSIN dan RAAM.

Adapun, MSIN berada dalam industri konten dan hiburan digital, memiliki portofolio konten yang kuat, mencakup berbagai genre termasuk drama, infotainment, reality show, dan animasi. Serta dikenal karena produksi konten FTA-nya yang produktif, MSIN juga membuat langkah signifikan dalam memproduksi film sinematik dan produksi orisinil untuk platform OTT.

Baca juga: Diisukan Mau Diakuisisi Maybank, Begini Tanggapan Bos JMA Syariah

Dalam bisnis digitalnya, Perseroan telah menyederhanakan operasi portal onlinenya, yang secara kolektif menarik sekitar 40,8 juta pengguna aktif bulanan (MAU), di bawah iNews Media Group untuk meningkatkan sinergi dan efektivitas di antara seluruh unit usaha MNC Media & Entertainment.

Perseroan mengoperasikan dua aplikasi OTT superapp, RCTI+ (AVOD) dan Vision+ (SVOD), yang secara kolektif memiliki lebih dari 110 juta pengguna aktif bulanan dengan lebih dari 2,8 juta pelanggan berbayar. Dengan dimulainya EURO 2024 pada akhir Juni hingga Juli, performa ini akan meningkat secara signifikan dalam waktu dekat.

Sementara dari sisi RAAM, memiliki keunggulan dalam menciptakan karya sinematik yang memikat penonton di seluruh negeri, RAAM juga menciptakan serial web yang menarik dan konten drama untuk FTA TV, dan terus membuat terobosan baru dalam industri media, yang merupakan keunggulannya dalam produksi hiburan Indonesia. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News