Aktif Dukung Ekspor, BNI Raih Consulate Award 2020

Aktif Dukung Ekspor, BNI Raih Consulate Award 2020

Jakarta — Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) memperoleh kado penghargaan dari Konsul Jenderal RI untuk Hong Kong dan Macau dalam ajang Consulate Award 2020. Anugerah ini diberikan karena BNI Hong Kong, sebagai salah satu kantor cabang perseroan di luar negeri, sukses menjadi kepanjangan tangan BNI dalam mendorong ekspor dari Indonesia.

“BNI Kantor Cabang Hong Kong mendapatkan appresiasi atas konsistensinya mendukung ekspor produk-produk Indonesia ke Hong Kong dan China. Penghargaan ini disampaikan oleh Konsul Jenderal RI untuk Hong Kong dan Macau, Bapak Ricky Suhendar dalam ajang Consulate Award 2020 yang diselenggarakan di Hong Kong, tanggal 4 Juni 2021,” ujar Direktur Treasury dan International BNI Henry Panjaitan di Jakarta, Jumat (4/6/2021).

Pada kesempatan itu, Konsul Jenderal (Konjen) Ricky menyampaikan bahwa BNI Hong Kong telah memberikan upaya terbaik dalam mendorong ekspor dari tanah air. Peran BNI Hong Kong diantaranya melalui pemberian kredit kepada perusahaan-perusahaan di Hong Kong yang selama ini menjadi distributor dan pembeli produk-produk asal Indonesia untuk dipasarkan di Hong Kong dan di China. 

Ricky menambahkan, bahwa penghargaan kepada BNI Hong Kong juga diberikan karena peran BNI Hong Kong dalam memberdayakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ada di Hong Kong dan Macau. Program pemberdayaan ini merupakan hasil sinergi BNI dengan KJRI yang disiapkan untuk memberikan pembekalan bagi PMI setelah selesai masa kontrak kerjanya. 

Sementara itu, Henry Panjaitan mengungkapkan aktivitas BNI Hong Kong dalam mendorong ekspor, terutama ekspor para UMKM, merupakan salah satu bagian dari strategi BNI untuk go global, yakni dengan mendorong UMKM Indonesia untuk memasuki pasar ekspor. Kantor Cabang BNI di luar negeri juga aktif untuk memberikan pembiayaan kepada diaspora-diaspora Indonesia terutama yang mengimpor barang-barang dari Indonesia.

Sebagai gambaran, pemilik Forever Harvest Co Ltd yang bergerak di bidang distributor terutama produk-produk dari Indonesia, Alex Chu sukses karena mendapatkan fasilitas kredit impor sebesar HK$ 2 juta dari BNI Hong Kong.  Alex Chu mengungkapkan bahwa kredit yang diperolehnya ini sangat membantu kelancaran usahanya, karena pembelian barang dari Indonesia menjadi lebih mudah dan murah, dan arus kasnya menjadi lebih lancar. 

Alex Chu yang juga menerima penghargaan Consulate Award mengungkapkan komitmennya untuk terus mengimpor produk dari Indonesia dan menjualnya di Hong Kong. “Saya siap membantu jika ada UMKM nasabah BNI yang ingin mencoba memasuki pasar Hong Kong,” ungkapnya. 

Consulate Award 2020 ini merupakan event pertama yang diadakan oleh KJRI Hong Kong untuk memberikan penghargaan kepada pihak-pihak yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap hubungan ekononomi Indonesia dan Hong Kong. KJRI Hong Kong mencatat para pemenang penghargaan tersebut yaitu Pertama, Chi Shing (Golden Coconut) Trading Co Ltd. (Indonesian Diaspora Distributor of the Year). Kedua, Forever Harvest Co Ltd. (Indonesian Diaspora Small Medium Enterprise of the Year). Ketiga, Fok Hing (HK) Trading Ltd (Indonesian Diaspora Retailer of the year).

Keempat, Sixfifteen Imports-Exports Ltd. (Indonesian Promoter of the Year). Kelima, Potato Head (The Best-rated Indonesian Restaurant). Keenam, Kampoeng Restaurant (The Best Indonesian Restaurant with Excellent Service of the Year). Ketujuh, Indonesian Chamber of Commerce (Inacham) Hong Kong (Indonesia Eminent Partner of the Year). Dan kedelapan, PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Hong Kong Branch (Special award of appreciation for supporting SMEs and providing capacity buildings for Indonesian community in Hong Kong). (*)

Related Posts

News Update

Top News