Airlangga Resmikan Pabrik Baterai Listrik Ramah Lingkungan Pertama di RI

Airlangga Resmikan Pabrik Baterai Listrik Ramah Lingkungan Pertama di RI

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, meresmikan pabrik baterai kendaraan listrik (EV) ramah lingkungan di Kawasan Neo Energy Morowali Industrial Estate (NEMIE), Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah, Sabtu (14/9).

Dalam hal ini, Airlangga mengapresiasi Neo Energy yang telah merealisasikan investasi dengan membangun smelter High-Pressure Acid Leaching (HPAL) pertama di Indonesia yang sepenuhnya menggunakan energi terbarukan. 

“Smelter itu akan mengolah bijih nikel atau limonite menjadi Mixed Hydroxide Precipitate (MHP) sebagai bahan prekusor katoda baterai EV. Proyek baterai HPAL Neo Energy ini diharapkan akan mampu menambah kapasitas MHP nasional sebanyak 120 ribu MT per tahun,” ucap Airlangga dalam keterangan resmi dikutip, 17 September 2024.

Baca juga: BYD Resmi Hadir di RI, Luncurkan Tiga Mobil Listrik Sekaligus

Airlangga menambahkan, dalam lima tahun terakhir, lebih dari 2.000 GWh kapasitas baterai lithium-ion telah digunakan secara global, guna mendukung 40 juta kendaraan listrik dan ribuan proyek energy storage.

“Terkait hal ini, Indonesia berpotensi menjadi pemain kunci global dalam produksi baterai EV, yakni dapat menyuplai baterai EV sebesar 210 GWh per tahun, karena Indonesia memiliki kekayaan sumber daya mineral khususnya nikel,” imbuhnya.

Tentunya, dengan dibangunnya pabrik EV tersebut diharapkan dapat mendukung kebutuhan baterai bagi pengguna kendaraan listrik yang jumlahnya mencapai 133.225 unit per April 2024 berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Dengan semakin pesatnya jumlah kendaraan listrik di Indonesia, salah satu hal yang perlu dilakukan bagi pemilik EV adalah memiliki perlindungan atau dalam hal ini asuransi.

Baca juga: Biaya Perawatan Mobil Listrik Neta V Hingga 100 Ribu KM Ternyata Cuma Rp3 jutaan, Begini Rinciannya

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (TUGU) atau Tugu Insurance merupakan salah satu asuransi umum yang menyediakan asuransi kendaraan bermotor untuk kendaraan listrik, yakni pada produk t drive Tugu Insurance yang melindungi mobil listrik secara menyeluruh dengan berbagai macam perluasan.

Adapun terdapat berbagai manfaat produk t drive yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

  1. Jaringan bengkel
    Tersebar di seluruh Indonesia dengan garansi kualitas pengerjaan di bengkel rekanan sampai dengan 6 bulan
  2. Kehilangan barang pribadi 
    Menjamin kerusakan atau kehilangan barang pribadi yang terdapat di dalam mobil yang mengalami kerugian total (maksimum ganti rugi yang diberikan adalah Rp10.000.000 selama periode asuransi)
  3. Penggantian biaya transportasi
    Penggantian biaya transportasi sebesar Rp100 ribu per hari selama kendaraan tertanggung diperbaiki (maksimum penggantian Rp300 ribu dengan syarat kerusakan tidak lebih dari tiga panel (tidak termasuk penggantian spare part) dan masa tunggu selama lima hari kerja
  4. Biaya ambulans 
    Memberikan penggantian biaya ambulance akibat kecelakaan yang dijamin oleh polis (syarat harus terdapat perluasan kecelakaan diri)
  5. Pelaporan klaim melalui aplikasi t drive
    Pelaporan klaim melalui smartphone. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News