Airlangga Bertemu dengan Ketum PPP, Ini Yang Dibahas

Airlangga Bertemu dengan Ketum PPP, Ini Yang Dibahas

Airlangga Bertemu dengan Ketum PPP, Ini Yang Dibahas
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Plt. Ketua Umum PPP, Mardiono, di Jakarta kemarin (5/10). Kedua pemimpin partai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) ini membahas beberapa hal, yakni mengenai agenda sosial-politik kebangsaan ke depan, termasuk mengawal program-program nasional Presiden Joko Widodo.

Rencananya, PPP memang akan menjadi tuan rumah pertemuan KIB di Semarang dalam waktu dekat. Diharapkan dalam pertemuan ini, tiga ketum partai anggota KIB akan bertemu.

Sejumlah pengamat politik mempertanyakan kekompakan KIB setelah PPP berganti kepemimpinan. Namun pertemuan ini membuktikan bahwa KIB masih solid. Namun  yang paling ditunggu dari KIB adalah siapa calon pasangan Capres dan Cawapres yang akan mereka usung.

Sejauh ini belum ada nama yang terucap, namun jika dilihat per partai, misalnya Partai Golkar, mereka mengajukan ketum Airlangga sebagai Capres 2024. “Kebijakan partai tidak berubah, calon presiden kami adalah Pak Airlangga Hartarto. Semua masih sangat solid mendukung Airlangga untuk Pilpres 2024 nanti,” ujar Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono dikutip 6 Oktober 2022.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan Achmad Baidowi (Awiek) mengungkapkan pertemuan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono juga menyelipkan pembahasan tentang Koalisi Indonesia Bersatu.

Pernyataan itu terkait dengan unggahan foto di akun Instagram Airlangga Hartarto yang mengungkap pertemuannya dengan Mardiono. Dalam keterangan foto, tertulis agenda makan malam itu mendiskusikan agenda sosial, politik, dan kebangsaan ke depan, termasuk mengawal program nasional Presiden Joko Widodo.

Baidowi menegaskan posisi PPP tetap berada di KIB. Meski demikian, menurutnya, kemungkinan posisi Mardiono sebagai koordinator KIB dari PPP akan digantikan. “Ya tetap di KIB. Pak Mardiono sendiri kan koordinator KIB di PPP. Karena beliau sekarang menjadi ketua umum, maka koordinator KIB di PPP kemungkinan nanti akan diganti orang lain yang mengatur secara teknis,” tegasnya.

Sebelumnya, beredar kabar PPP akan menggelar musyawarah kerja nasional (mukernas) akhir 2022 atau awal 2023. Kemungkinan salah satu agenda mukernas adalah mengevaluasi posisi PPP di Koalisi Indonesia Bersatu. Kabar tersebut ditepis oleh Mardiono yang menyatakan tetap berada di KIB.

Menurut Awiek, Mardiono akan lebih fokus pada tugas sebagai ketua umum, sedangkan yang mengatur secara teknis terkait KIB di PPP akan dilimpahkan pada kader lain. “Untuk menggantikan posisi Pak Mardiono sebagai koordinator KIB di PPP, karena beliau kan jadi ketua umum sekarang,” pungkasnya. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]