Agar Tetap Sustain, IGCN Dorong Perusahaan di RI Terapkan Prinsip-Prinsip Ini

Agar Tetap Sustain, IGCN Dorong Perusahaan di RI Terapkan Prinsip-Prinsip Ini

Agar Tetap Sustain, IGCN Dorong Perusahaan di RI Terapkan Prinsip-Prinsip Ini
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Di tengah kondisi yang tidak pasti, mulai dari ketidakpastian ekonomi hingga memanasnya situasi geo politik dunia, Executive Director Indonesia Global Compact Network (IGCN) Josephine Satyono mendorong perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia untuk menerapkan 10 prinsip United Nations (UN) Global Compact agar bisnisnya tetap bisa sustain .

“Bisnis kalau mau berkontribusi harus bisnis yang bertanggung jawab, tapi tidak melulu bicara tentang profit. Kemudian, menyebabkan keberlangsungan bisnis jangka panjang,” ujarnya di Jakarta, Kamis, 3 November 2022.

Josephine melanjutkan, 10 prinsip tersebut dikelompokan ke dalam pilar yaitu terkait hak asasi manusia (HAM) yang terdiri dari dua prinsip yaitu bisnis harus menghormati perlindungan dan tak terlibat pelanggaran HAM. Pilar kedua terkait tenaga kerja, antara lain bisnis harus menjunjung tinggi kebebasan berserikat, penghapusan segala kerja paksa, pekerja anak dan diskriminasi.

Pilar ketiga berhubungan dengan lingkungan, yaitu bisnis harus mendukung pendekatan kehati-hatian terhadap lingkungan, dapat melakukan inisiatif untuk promosi tanggung jawab lingkungan, serta bisnis bisa mendorong pengembangan dan difusi teknologi ramah lingkungan. Pilar terakhir ialah anti korupsi, dimana bisnis harus melawan korupsi termasuk pemerasan dan penyuapan.

Sebagai informasi, UN Global Impact ialah inisiatif khusus dari Sekretaris Jenderal Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai seruan kepada perusahaan di seluruh dunia untuk mempercepat dan meningkatkan dampak kolektif global dari bisnis. UN Global Impact didukung lebih dari 17 ribu perusahan dan 4 ribu partisipan non-bisnis yang berbasis di lebih dari 160 negara dan 69 jaringan lokal.

Sementara, IGCN adalah jaringan lokal UN Global Impact di Indonesia yang mendukung dan memfasilitasi dunia usaha dan ekosistem bisnis untuk bersama-sama dengan komunitas global berkontribusi dalam penerapan sustainable development goals (SDGs) di Indonesia. (*) Bagus Kasanjanu

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]