Sentimen Positif Berkurang Rupiah Kembali Melemah

Sentimen Positif Berkurang Rupiah Kembali Melemah

Jakarta–Meski indeks Dolar AS terhadap sejumlah mata uang Asia bergerak melemah, namun kursnya terhadap Rupiah terlihat menguat. Dari pantauan data di Bank Indonesia (BI), laju Rupiah masih menunjukan pelemahan seiring dengan penguatan tajam di pekan sebelumnya.

Demikian pernyataan tersebut seperti disampaikan oleh Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada dalam risetnya di Jakarta, Rabu, 21 Oktober 2015. “Tampaknya dorongan positif mulai berkurang, sehingga laju Dolar AS terhadap Rupiah terlihat menguat,” ujarnya.

Menurutnya, adanya rilis kenaikan National Association of Homebuilders (NAHB) housing market index AS sebelumnya yang dibarengi dengan pelemahan laju harga minyak mentah dunia seiring ekspektasi meningkatnya suplai, telah memberikan semangat bagi laju USD untuk dapat menguat dan Rupiah pun terkena imbasnya.

“Sebelumnya juga kami sampaikan, meski pelemahan mulai terbatas namun, pelaku pasar kembali dimungkinkan akan melepas Rupiah dan kembali beralih ke USD seiring kurang baiknya data-data di Asia khususnya Tiongkok,” tukas Reza.

Pelemahan laju Rupiah masih dimungkinkan seiring masih berlanjutnya pelemahan pada harga minyak mentah dan sejumlah komoditas, sehingga memberikan kesempatan bagi USD untuk bergerak naik. “Laju Rupiah di bawah target support RP13.580. Rp13.650-Rp13.625 (kurs tengah BI),” tutup Reza. (*) Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News