Laba Bank Sampoerna Melonjak Pesat

Laba Bank Sampoerna Melonjak Pesat

Bank Sampoerna konsisten meningkatkan fungsi intermediasinya. Penyaluran kredit yang meningkat 87,87% per Juni 2015, sukses menggemukan laba. Ari Nugroho

Jakarta–Di tengah kondisi ekonomi yang sedang melambat, PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) berhasil mencetak kinerja cemerlang sepanjang semester pertama 2015. Hal itu tercermin dari fungsi intermediasinya yang berjalan sangat baik.

Penyaluran kredit Bank Sampoerna per Juni 2015 yang sebesar Rp3,79 triliun, melejit 87,87% secara year on year (yoy). Sementara, penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) juga sukses melambung tinggi, yakni 84,24% atau dari Rp2,15 triliun pada Juni 2014 menjadi Rp3,96 triliun pada Juni 2015.

Ali Rukmijah, Direktur Utama Bank Sampoerna menuturkan, hasil yang dicapai bank yang dipimpinnya sepanjang semester pertama tahun ini sangat menggembirakan. Terlebih, kredit yang tumbuh agresif berhasil diimbangi dengan pengelolaan risiko yang sangat positif. Hal itu dibuktikan dengan perkembangan non performing loan (NPL) gross yang membaik, dari 3,2% di Juni 2014 menurun menjadi 1,9% pada Juni 2015.

“Hasilnya menggembirakan di semester satu ini. Rahasianya satu, karena banknya kecil, enggak bisa ke bawah, bisanya ke atas,” ujar Ali, di sela-sela acara Buka Puasa Bersama Bank Sampoerna dengan Media, di Jakarta, Kamis, 9 Juli 2015.

Ali menambahkan, dari total portofolio kredit yang disalurkan, 77% dialokasikan kepada sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dan dalam melakoni bisnis di segmen itu, Bank Sampoerna menerapkan strategi kemitraan dengan lembaga keuangan mikro seperti koperasi.

“Saat ini cara yang terbaik buat kami untuk menggarap pasar UMKM adalah dengan pola kemitraan. Jika menggarap langsung, jaringan kantor kami yang saat ini sebanyak 17 kantor belum mencukupi. Kontrol yang ketat dalam pola kemitraan ini kami lakukan untuk menjaga performa kredit,” tandas Ali.

Keberhasilan Bank Sampoerna memperderas guyuran kreditnya berbuah positif terhadap laba. Per Juni 2015, laba sebelum pajak bank yang dimiliki oleh Grup Sampoerna dan Grup Alfa ini melesat hingga 454,02% atau dari Rp5,22 miliar pada Juni 2014 menjadi Rp28,92 miliar. (*)

@arinugrohoari

Related Posts

News Update

Top News