Retreat Kabinet di Magelang, PLN Sukses Amankan Listrik Berlapis

Retreat Kabinet di Magelang, PLN Sukses Amankan Listrik Berlapis

Jakarta – PT PLN (Persero) turut menyukseskan rangkaian Retreat Kabinet Merah Putih yang diinisiasi oleh Presiden Prabowo Subianto di Akademi Militer (Akmil), Kota Magelang sampai dengan penutupan hari pada Minggu (27/10).

Untuk mendukung kelancaran agenda kenegaraan ini, sebelumnya PLN telah melakukan pengamanan kelistrikan empat lapis dan koordinasi dengan seluruh stakeholder terkait.

Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI R. Sidharta Wisnu Graha mengungkapkan, selaku tuan rumah, pihaknya mengapresiasi berbagai persiapan optimal yang telah dilakukan PLN.

Menurutnya, sejauh ini kolaborasi antara PLN dan Akmil berjalan dengan baik dalam memastikan kelancaran pasokan listrik saat gelaran Retreat Kabinet.

Baca juga : Legislator Sebut Pertamina Mampu Dukung Swasembada Energi, Ini Alasannya 

“Kami berterima kasih atas koordinasi yang baik selama ini sebelum dilaksanakannya acara, sehingga acara dapat berlangsung lancar tanpa adanya permasalahan kelistrikan,” ucap Sidharta, dikutip Minggu, 27 Oktober 2024.

Sementara, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan, Retreat Kabinet ini menjadi agenda yang krusial untuk Pemerintah dan menentukan arah negara ke depan.

“Agenda ini menjadi titik berkumpulnya kabinet yang baru saja dibentuk oleh Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka setelah resmi dilantik. Rapat yang dilaksanakan di Kota Sejuta Bunga, Magelang ini diharapkan dapat melahirkan konsolidasi penting untuk pembangunan bangsa dan negara selama lima tahun ke depan,” kata Darmawan.

Sedangkan untuk Kota Magelang, Darmawan menyampaikan bahwa semua infrastruktur kelistrikan dalam kondisi prima. PLN juga menerapkan skema pasokan listrik tanpa kedip dan menerjunkan personel untuk bersiaga selama agenda berlangsung.

Baca juga : Dharma Polimetal (DRMA) Sukses Bukukan Penjualan Rp4 Triliun di Kuartal III-2024

”Ini adalah momen yang penuh kesan, yang menguatkan para anggota kabinet, menyelaraskan visi dan membentuk sinergi sebagai suatu tim yang solid untuk mencapai target lima tahun ke depan. Untuk itu kami mengawal kesuksesan agenda ini dengan pasokan listrik andal dan tanpa kedip sekalipun,” tegas Darmawan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Sugeng Widodo merinci bahwa PLN menerapkan skema empat lapis pengamanan kelistrikan untuk Retreat Kabinet.

Dalam hal ini, PLN mengoperasikan 1 suplai penyulang utama kelistrikan, 1 penyulang cadangan, 148 Uninterruptible Power Supply (UPS) dan 31 unit Genset.

Dari segi personel, PLN Group juga menerjunkan sebanyak 180 personel siaga yang telah tersertifikasi khusus dan dibekali dengan peralatan lengkap.

Personel ini mengamankan keandalan pasokan untuk seluruh venue utama seperti kompleks Akmil, hotel tempat penginapan panitia, rumah sakit, bandara serta kantor-kantor pemerintahan di Magelang.

Selain itu pihaknya juga melakukan pemasangan 3 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sebesar 60 kiloWatt (kW), 50 Kilo Watt, dan 22 kW tipe AC di titik Lapangan Golf Akmil sebagai sarana penunjang pengisian daya kendaraan listrik.

“Kami sudah dan terus menjalin kerja sama dengan seluruh stakeholder terkait untuk menyiapkan keamanan suplai listrik dan sarana penunjang untuk acara ini sejak awal Oktober 2024. Kami bersyukur suplai listrik berjalan lancar sehingga agenda Retreat Kabinet Merah Putih berlangsung khidmat dan semua tamu undangan dapat merasakan kenyamanan selama berada di Kota Magelang ini,” pungkasnya. (*)

Related Posts

News Update

Top News