Bank Jago Perkuat Literasi Keuangan Ibu dan Anak Lewat Program Jagoan Baca

Bank Jago Perkuat Literasi Keuangan Ibu dan Anak Lewat Program Jagoan Baca

Jakarta – PT Bank Jago Tbk kembali berkomitmen dalam meningkatkan literasi keuangan di Indonesia, kali ini melalui peluncuran program “Jagoan Baca.” Program ini dirancang untuk memperkenalkan literasi keuangan sejak dini kepada anak-anak dan ibu melalui cerita pendek yang inspiratif dan mudah dipahami.

Jagoan Baca merupakan program sukarela (voluntary) menulis cerita pendek tentang pengelolaan keuangan bagi anak-anak yang mengikutsertakan puluhan penulis dan ilustrator. Cerita pendek tersebut diterbitkan dalam beberapa buku kumpulan cerita pendek.

Head of Culture, Communication & Sustainability Bank Jago, Maya Kartika menjelaskan bahwa Bank Jago sebagai bank berbasis teknologi memiliki kepedulian besar terhadap kesejahteraan finansial masyarakat.

“Dengan program Jagoan Baca, kami ingin mendorong literasi keuangan sejak usia dini melalui medium yang menyenangkan, yaitu buku cerita,” ujar Maya dalam acara peluncuran Jagoan Baca di Festival Liter-Aksi Anak 2024, Jakarta, Minggu, 27 Oktober 2024.

Baca juga: Dua Faktor Ini Menjadi Kunci Bank Jago Raih Laba Rp50 Miliar di Semester I 2024

Hingga kini, Jagoan Baca telah menghasilkan 24 cerita pendek yang dikumpulkan dalam empat buku, dengan kontribusi utama dari karyawan Bank Jago.

“Program ini diharapkan bisa menanamkan pengetahuan dan prinsip literasi keuangan kepada anak-anak agar menjadi individu yang bertanggung jawab dan mandiri secara finansial,” ungkap Maya.

Survei OJK

Dalam kesempatan yang sama, Komisaris Bank Jago, Anika Faisal mengungkapkan bahwa literasi keuangan masih menjadi tantangan utama di Indonesia. Ini terlihat dari indeks literasi keuangan penduduk Indonesia yang hanya sebesar 65,43 persen berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2024 dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Melihat kondisi tersebut, lanjut Anika, literasi keuangan menjadi kemampuan dasar yang penting dimiliki setiap orang agar kelak mampu memiliki pengelolaan keuangan yang bijak dan pengambilan keputusan finansial yang tepat sehingga kesehatan finansial terjaga dan menjadi keluarga yang sejahtera.

“Dalam edukasi keuangan OJK mendorong keterlibatan perempuan, khususnya ibu rumah tangga. Kita percaya bahwa seorang ibu yang terliterasi maka ia akan mengedukasi anak-anaknya dan keluarganya untuk memanfaatkan produk dan layanan keuangan secara bijak dan meningkatkan kesejahteraannya,” imbuh Anika yang juga merupakan duta literasi keuangan perempuan.

Baca juga: Jangan Tunggu Tua, Ini Tips Jago Buat Anak Muda agar Lebih Cerdas Kelola Uang

Program Jagoan Baca merupakan salah satu dari program keberlanjutan (sustainability) yang dimiliki Bank Jago.

Dalam merancang program sustainability, Bank Jago fokus menjawab Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang disampaikan PBB, yaitu tujuan nomor 1 mengentaskan kemiskinan, tujuan nomor 4 meningkatkan kualitas pendidikan, serta tujuan nomor 8 menciptakan lapangan kerja yang layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Jago Digital Academy

Sebelumnya, Bank Jago telah meluncurkan program Jago Digital Academy, sebuah platform untuk para digital talent mengembangkan pengetahuan dan kemampuan mereka sesuai kebutuhan dunia usaha keuangan digital, serta Jago Money Quest, sebuah permainan (game) interaktif berbasis web untuk edukasi keuangan.

Unsur sustainability juga diterapkan dalam produk dan layanan keuangan Bank Jago, seperti Aplikasi Jago yang memiliki fitur-fitur untuk mengelola keuangan dan mencapai tujuan finansial nasabah. (*)

Related Posts

News Update

Top News