Lebanon Berhasil Bobol Iron Dome, 4 Tentara Israel Tewas

Lebanon Berhasil Bobol Iron Dome, 4 Tentara Israel Tewas

Jakarta – Konflik perang antara Lebanon dan Israel kian memanas. Teranyar, drone-drone ganas milik Lebanon berhasi membobol sistem pertahanan canggih Iron Dome dan mengenai markas pasukan pertahanan Israel (DAF), pada Minggu (13/10) dini hari, waktu setempat.

Sedikitnya dilaporkan 4 tentara DAF Israel tewas dalam serangan kendaraan tak berawak atau UAV Hizbullah di pangkalan militer yang berdekatan dengan kota di utara Tel Aviv, Binyamina.

“Pesawat tak berawak ini berhasil menembus radar pertahanan Israel tanpa terdeteksi dan mencapai targetnya di kamp pelatihan Brigade elit Golani di Binyamina,” demikian pernyataan Hizbullah, dikutip CNN, 14 Oktober 2024.

Diketahui, Binyamina sendiri terletak sekitar 64 km dari perbatasan Lebanon. Selain menewaskank tentara Israel, 50 tentara lainnya pun mengalami luka-luka.

Baca juga : Iron Dome Israel Eror Bombardir Tel Aviv, Ulah Hacker Indonesia?

Juru Bicara Militer Israel Laksamana Muda Daniel Hagari mengatakan, pihaknya tengah menyelidiki bagaimana pesawat tak berawak dapat masuk tanpa membunyikan alarm di pangkalan.

“Kami akan belajar dari insiden itu dan menyelidikinya,” tegasnya.

Menurutnya, UAV adalah ancaman yang sudah dihadapi sejak awal perang.

“Kami perlu meningkatkan pertahanan kami,” pungkasnya.

Diketahui, Iron Dome merupakan salah satu teknologi pertahanan canggih yang dimilik oleh Israel. Alat ini dirancang  untuk mencegat dan menghancurkan roket jarak pendek serta peluru artileri yang ditembakkan dari jarak 4 hingga 70 kilometer (2-43 mil). Lintasannya akan membawanya ke daerah berpenduduk Israel, Palestina.

Meski terbilang canggih, bukan kali pertama Iron Dome milik Israel itu bekerja tak berdaya. Pada November 2023 lalu, sistem pertahanan udara itu mengalami eror.

Baca juga : Konflik di Lebanon, Biden Janjikan Dukungan Kuat bagi Israel

Di mana, rudal yang ditembak Israel ke arah Gaza malah berputar terbalik dan jatuh di  Tel Aviv. Dinukil Al-Jazeera, Selasa (7/11), rudal sendiri jatuh ke pusat kota Rishon LeZion, di selatan Tel Aviv.

Sistem pertahanan yang akan ditembakan ke arah Gaza malah berbelok dan membuat rudal jatuh di pemukiman dan rumah sakit.

Dalam sebuah video yang diunggah situs berita Palestina Quds News Network terlihat rudal Iron Dome yang ditembakkan Israel berputar di udara membentuk huruf ‘U’ terlebih dahulu, sebelum berbalik arah dan jatuh menyasar pemukiman penduduk dan rumah sakit

“Pencegat Iron Dome Israel dilaporkan tidak berfungsi,” tulis postingan @QudsNen melalui media sosial X, dikutip Selasa, 6 November 2023.

“Rudal-rudal dari sistem tersebut terlihat berputar balik dan menghantam rumah-rumah dan sebuah rumah sakit di Tel Aviv,” tambahnya.

Di saat yang bersamaan, Hizbullah juga melancarkan serangan balasan ke Israel usai pembunuhan warga sipil di Lebanon. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News