Top! Kantor Pusat Bank Mandiri Dinobatkan Jadi Gedung dengan Manajemen Energi Terbaik

Top! Kantor Pusat Bank Mandiri Dinobatkan Jadi Gedung dengan Manajemen Energi Terbaik

Jakarta – Bank Mandiri menegaskan komitmen dalam menerapkan prinsip keberlanjutan dalam operasional perusahaan. Terbaru, Plaza Mandiri yang menjadi Kantor Pusat perseroan mampu melakukan penghematan energi sebesar 33 persen pada periode 2017 hingga 2023.

Presiden Direktur PT Gedung Bank Exim, Gempur Soesetyo Hadi mengatakan, manajemen energi berkelanjutan di Gedung berlantai 32 tingkat itu telah mengacu pada international best practice (IBP) dengan mengedepankan prinsip efisiensi dan berkelanjutan.

Hal ini juga sejalan dengan komitmen Bank Mandiri yang berupaya merealisasikan visi emisi karbon netral atau net zero emission operasional pada 2030.

“Sebagai salah satu pengelola aset milik Bank Mandiri, kami berkomitmen untuk mendukung dan terus berkolaborasi dengan Bank Mandiri untuk menerapkan manajemen energi terbaik pada operasional seluruh aset yang dikelola guna meningkatkan efisiensi energi untuk mencapai target Sustainability Development Goals (SDGs) nasional,” kata Gempur saat menerima penghargaan yang diserahkan Menteri ESDM Bahlil Lahadalia dan disaksikan Presiden Joko Widodo di Jakarta, Kamis, 10 Oktober 2024 malam.

Baca juga: Ikonik! Bank Mandiri Groundbreaking Gedung Mandiri Financial Center di Kawasan PIK 2

Dia melanjutkan, salah satu efisiensi yang diterapkan adalah retrofitting atau penambahan teknologi terbarukan pada Sistem Pengguna Energi Signifikan (SEUs) seperti sistem air conditioning dan sistem pencahayaan hemat energi.

“Hasilnya sangat signifikan. Karena Plaza Mandiri mampu melakukan penghematan sebesar 33 persen dari baseline (2017) hingga tahun 2023 sebesar 11.735.360 kWh/tahun atau setara dengan mengurangi emisi karbon sebesar 10.327,12 ton CO2/MWh,” jelasnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga menyiapkan tim SDM khusus yang berfungsi untuk memantau dan mengevaluasi penerapan teknologi serta melakukan sosialisasi kepada seluruh pengguna gedung.

Raih Penghargaan Subroto 2024

Pencapaian tersebut menjadikan Gedung Plaza Mandiri yang merupakan Kantor Pusat perseroan didapuk menjadi yang terbaik dalam kategori Manajemen Energi pada Industri dan Bangunan Gedung, subkategori Gedung Besar di ajang bergengsi Penghargaan Subroto 2024.

Baca juga: Bank Mandiri Salurkan Pembiayaan Berkelanjutan Rp253 T, Sektor Ini Mendominasi

Gedung yang dikelola oleh PT Gedung Bank Exim (GBE) ini berhasil mengungguli nominator gedung besar lainnya di Indonesia berkat penerapan strategi efisiensi energi yang berkelanjutan dan inovatif, berdasarkan penilaian yang diberikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Selain gedung Plaza Mandiri, saat ini PT Gedung Bank Exim juga tercatat sebagai pengelola Mandiri Digital Tower, yang telah memperoleh sertifikasi Platinum dari Green Building Council. Sertifikasi ini menunjukkan komitmen terhadap bangunan ramah lingkungan dan dukungan Bank Mandiri dalam mencapai sasaran keberlanjutan serta penerapan ESG yang komprehensif. (*)

Editor: Yulian Saputra

Related Posts

News Update

Top News