Tarik Turis Mancanegara, Menparekraf Apresiasi Penerbangan Langsung Hongkong-Jakarta

Tarik Turis Mancanegara, Menparekraf Apresiasi Penerbangan Langsung Hongkong-Jakarta

Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi maskapai asal Malaysia, AirAsia, yang baru saja menghadirkan rute penerbangan langsung dari Hong Kong ke Jakarta. 

Menurutnya, penerbangan langsung AirAsia dari Hongkong ke Jakarta diharapkan dapat menarik lebih banyak turis Hong Kong dan internasional ke Indonesia.

“Diharapkan dapat menarik lebih banyak turis Hong Kong dan internasional ke Indonesia. Sebab, konektivitas merupakan kunci untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia, terlebih penerbangan langsung dari Hong Kong ke Indonesia yang memang sangat dinantikan,” katanya dikutip, Rabu, 9 Oktober 2024.

Baca juga : Hijra Bank-Kemenparekraf Sepakat Salurkan Pembiayaan Syariah Berbasis HAKI Pertama di Indonesia

Ia mengatakan, penyambutan penerbangan perdana dari rute ini telah dilaksanakan pada Selasa (8/10/2024). Adapun rute ini melayani penerbangan Hong Kong-Jakarta dan sebaliknya tujuh hari sepekan menggunakan pesawat Airbus A320.

“Kami meyakini bahwa ke depan akan lebih banyak maskapai yang membuka rute penerbangan langsung dari Hong Kong, mengingat tren pasar wisatawan mancanegara asal Hong Kong mulai meningkat saat ini. Di samping itu, Indonesia merupakan destinasi yang amat disukai oleh wisman asal Hong Kong, terutama karena keindahan alam dan kemiripan budayanya,” katanya.

Sandiaga berharap kehadiran rute penerbangan baru ini dapat menarik lebih banyak wisman asal Hong Kong ke Indonesia. Sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan devisa dari sektor pariwisata dan menciptakan lebih banyak lapangan kerja.

Baca juga : Kemenparekraf Tetapkan 6 Kabupaten dan Kota jadi Role Model Pengembangan Ekonomi Kreatif, Apa Saja?

Sementara, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini, menambahkan rute penerbangan ini sangat penting. Mengingat Hong Kong yang memang sudah menjadi hub internasional. 

“Hong Kong merupakan hub di Asia dan kami berharap pembukaan rute baru ini semakin mendorong kunjungan wisman dari Hong Kong dan negara-negara lain ke Indonesia,” tandasnya.

Berdasarkan data dari Hong Kong Tourism Board (HKTB), jumlah wisatawan dari Indonesia yang berkunjung ke Hong Kong dari Januari-Juli 2024 mengalami lonjakan sebesar 76,2 persen, mencapai 208.000 kunjungan, dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2023 sebanyak 118.000 kunjungan. 

Sementara itu, data dari Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS) menunjukkan bahwa sepanjang Januari hingga Juli 2024, wisatawan mancanegara dari Hong Kong ke Indonesia telah mencapai 17.225 kunjungan, melebihi total kunjungan tahun 2023 yang berjumlah 13.885. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News