Asuransi Tugu Hadirkan Akses Air Bersih di Desa Kalitekuk Gunungkidul

Asuransi Tugu Hadirkan Akses Air Bersih di Desa Kalitekuk Gunungkidul

Jakarta – PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (TUGU) atau Tugu Insurance melalui program CSR-Bakti Tugu melakukan kerja sama dengan Musala Nururrazaq Jakarta dalam menghadirkan air bersih di Dusun Kalangan, Desa Kalitekuk, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul.

Diketahui wilayah tersebut menjadi salah satu wilayah yang mengalami tantangan kebutuhan air bersih terutama di tengah musim kemarau panjang.

Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Asuransi Tugu, Edi Yoga Prasetyo menyampaikan bahwa ketersediaan air bersih yang memadai merupakan fondasi utama bagi kesehatan, kesejahteraan, dan perkembangan masyarakat di suatu desa, serta diharapkan dapat memperkuat ketahanan desa dalam menghadapi musim kemarau.

“Kami memahami betapa pentingnya akses air bersih yang layak bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu dengan kerja sama ini masyarakat dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan layak huni, di mana setiap warga desa memiliki akses terhadap air bersih. Serta ke depannya melalui program CSR-Bakti Tugu, ini Tugu Isurance dapat memberikan solusi jangka panjang bagi masyarakat,” ucap Edi dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu, 9 Oktober 2024.

Baca juga: OJK Dorong Industri Asuransi Terapkan PSAK 117 pada 2025

Melibatkan warga

Ia juga menjelaskan, dalam pembangunan fasilitas air bersih turut melibatkan pemasangan pompa air tanah, pembangunan tandon penampungan, dan pemasangan pipa distribusi air. Hal itu guna memastikan ketersediaan air bersih sepanjang tahun dan akan dikelola oleh kelompok swadaya masyarakat, yakni Sistem Penyediaan Air Minum Dusun (SPAMDUS) ‘Banyu Panguripan’.

“Keterlibatan warga dalam mengelola fasilitas air yang dibangun menjadikan masyarakat tidak sekadar mendapatkan akses air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, tetapi juga mendorong masyarakat agar dapat mandiri sehingga mampu menjaga pola hidup sehat melalui akses sanitasi yang lebih baik,” imbuhnya.

Adapun Asuransi Tugu akan terus berupaya melaksanakan inisiatif serupa di berbagai daerah yang membutuhkan. Emiten Anak BUMN Pertamina (Persero) ini juga bertekad dapat membantu mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan sesuai dengan nilai-nilai yang dijunjung Asuransi Tugu. (*)

Editor: Yulian Saputra

Related Posts

News Update

Top News