Gagal Lunasi Utang, Tupperware di Ambang Kebangkrutan

Gagal Lunasi Utang, Tupperware di Ambang Kebangkrutan

Jakarta – Merek ikonik wadah penyimpanan, Tupperware berada di ujung tanduk. Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu dikabarkan tengah mengajukan kebangkrutan pekan ini karena gagal lunasi utang.

Langkah tersebut terpaksa dilakukan dalam upaya menghidupkan kembali bisnis mereka ditengah permintaan yang menurun beberapa tahun terakhir.

“Perusahaan berencana untuk mengajukan perlindungan pengadilan usai melanggar persyaratan utangnya serta mencari bantuan dari penasihat hukum dan keuangan,” kata sebuah sumber, dinukil The Straits Time, Rabu, 18 September 2024.

Diketahui, persiapan kebangkrutan tersebut menyusul negosiasi yang alot antara Tupperware dan pemberi pinjaman mengenai cara mengelola utang lebih dari USD700 juta atau setara Rp10,85 triliun.

Baca juga : Samsung Bakal PHK Besar-besaran, 30 Persen Karyawan Internasional Terdampak

Pada 2024, para pemberi pinjaman menyetujui pemberian kepada Tupperware kelonggaran perihal pelanggaran persyaratan pinjaman. Namun, kinerja perusahaan tersebut malah terus anjlok.

Meski begitu, rencana-rencana tersebut belum bersifat final dan masih dapat berubah. Di lain sisi, pihak perwakilan Tupperware enggan memberikan komentar terkait hal ini.

Diketahui, dalam beberapa tahun terakhir, Tupperware mengalami penurunan penjualan produk rumahan yang tajam akibat perusahaan tidak mampu membidik pasar konsumen muda.

Baca juga : Angkasa Pura I dan II Resmi Merger, Erick Pastikan Tak Ada PHK Karyawan

Imbasnya, saham Tupperware pun anjlok hampir 50 persen pada perdagangan Senin (10/4/2023). Bahkan, dalam setahun terakhir, saham Tupperware menyusut sekitar 90 persen.

Sementara, Analis Ritel dan Direktur Pelaksana GlobalData Retail Neil Saunders mengatakan, nasib Tupperware tengah di ujung tanduk. Pihak manajemen berusaha mati-matian untuk meningkatkan sisi penjualan.

Namun, lantaran aset perusahaan yang dimiliki tidak seberapa, Tupperware tidak mempunyai kemampuan besar dalam mengumpulkan uang.

“Perusahaan yang dulunya pusat inovasi untuk peralatan dapur, akan tetapi sekarang telah benar-benar kehilangan keunggulannya,” pungkasnya. (*)

Editor : Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News