NVIDIA: AI Generatif Berikan Dampak Positif Sektor Perbankan 

NVIDIA: AI Generatif Berikan Dampak Positif Sektor Perbankan 

Jakarta – Teknologi artificial intelligence (AI) generatif atau Gen AI turut memberikan berbagai dampak positif bagi kemajuan lembaga keuangan di Tanah Air.

Direktur Senior Bisnis Perusahaan untuk Wilayah ASEAN dan ANZ di NVIDIA, Dennis Ang menjelaskan, penggunaan generatitf AI bagi industri perbankan sendiri bisa mengoptimalkan layanan yang jauh lebih aman, efisien, dan berfokus pada pelanggan.

“Untuk layanan pelanggan misalnya, generatif AI bisa memperluas basis pengetahuan di luar jawaban tertulis serta meningkatkan kepuasan pelanggan,” katanya dalam Banking AI Day beberapa waktu lalu.

Baca juga : Dukung Adopsi AI di Layanan Perbankan, Indosat Ooredoo Hutchison Lakukan Cara Ini

Kedua, mampu mengoptimalkan informasi pengambilan keputusan dengan mengevaluasi berbagai sumber dan merangkum hasil lebih baik.

Ketiga, meningkatkan akurasi dan menghasilkan laporan dan mengurangi investigasi dan risiko kepatuhan. 

“Kemudian membuat iklan yang dipersonalisasi dengan email dan meningkatkan klik untuk konversi,” jelasnya. 

Baca juga : Bos Indosat: Industri Jasa Keuangan Dukung Pertumbuhan Ekonomi RI

Diketahui, NVIDIA telah bekerja sama dengan Indosat Ooredoo Hutchison untuk menghadirkan AI yang berdaulat dan komputasi terakselerasi ke sektor keuangan Indonesia.

“Dengan GPU Merdeka, yang didorong oleh NVIDIA AI, lembaga keuangan Indonesia dapat mencapai efisiensi, keamanan, dan inovasi yang lebih baik sembari tetap memiliki kendali atas masa depan digital mereka,” ujar Dennis Ang.

Kolaborasi kedua perusahaan  tersebut diresmikan melalui MoU antara Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha, dan Senior Vice President Telecom NVIDIA Ronnie Vasishta. Kerja sama akan melibatkan anak usaha Indosat, Lintasarta. (*)

Editor : Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News