Investor Simak! 2 Sentimen Berikut Bakal Pengaruhi Gerak IHSG Pekan Ini

Investor Simak! 2 Sentimen Berikut Bakal Pengaruhi Gerak IHSG Pekan Ini

Jakarta – PT Indo Premier Sekuritas (IPOT) menyoroti pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pekan ini akan dipengaruhi oleh dua sentimen, yakni pemangkasan tingkat suku bunga atau Fed Fund Rate dan Bank Indonesia (BI) yang akan kembali mempertahankan suku bunga acuan.

Equity Analyst PT Indo Premier Sekuritas (IPOT), Imam Gunadi, mengatakan bahwa sentimen pemangkasan tingkat suku bunga atau Fed Fund Rate, pada pekan ini 18 September 2024.

Imam menjelaskan, The Fed akan menentukan kebijakan moneternya untuk menentukan tingkat suku bunga acuan, di mana dalam konsensus, The Fed akan memangkas suku bunganya sebesar 25 bps menjadi 5,25 persen.

Baca juga: Ini Daftar 10 Saham Top Leaders IHSG dalam Sepekan

“Sebelumnya, dalam pidato Jerome Powell, ia juga sudah memberikan sinyal yang jelas bahwa bank sentral akan menurunkan suku bunganya pada pertemuan bulan September. Powell mencatat bahwa pasar tenaga kerja Amerika Serikat (AS) sedang mendingin dengan cepat setelah laporan pekerjaan yang lebih lemah semakin yakin bahwa inflasi melambat menuju target 2 persen,” ucap Imam dalam risetnya dikutip, 17 September 2024.

Sementara itu, sentimen kedua terkait BI yang akan kembali mempertahankan suku bunga acuan. BI diperkirakan akan mempertahankan suku bunga acuan di level 6,25 persen pada pertemuan September 2024, sesuai dengan konsensus pasar.

Baca juga: Saham GOTO Sentuh Level Tertinggi, Analis Beberkan Pendongkraknya

“Pendekatan ini bertujuan untuk mendukung stabilitas nilai tukar rupiah di tengah kondisi inflasi yang relatif stabil. Namun, ada ekspektasi bahwa BI mungkin mulai melonggarkan kebijakan moneternya pada akhir 2024,” imbuhnya.

Adapun, pada perdagangan satu pekan terakhir jelang libur long weekend Maulid Nabi Muhammad SAW, IHSG menguat 1,17 persen atau plus 90 poin ke level 7.812 dengan total inflow sebesar Rp2,5 triliun. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News