Kongres ISEI XXII Siap Digelar Pekan Ini, Soroti Tantangan Transformasi Ekonomi

Kongres ISEI XXII Siap Digelar Pekan Ini, Soroti Tantangan Transformasi Ekonomi

Jakarta – Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) akan menggelar Kongres ISEI XXII di Hotel Alila, Solo pada 19-20 September 2024. Mengangkat tema “Memperkuat Fondasi Transformasi Ekonomi dan Kebijakan Publik yang Berkelanjutan”, Kongres ISEI XXII ini rencananya akan dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Menurut Ketua Pelaksana Kongres XXII ISEI 2024, Anggito Abimanyu, Kongres ISEI XXII di Solo ini merupakan pelaksanaan amanat Sidang Pleno XXIII dan Seminar Nasional ISEI 2023 yang diselenggarakan di Bengkulu pada 15 September 2023 silam.

Masih menurut Anggito, ada empat ujuan utama yang ingin dicapai dari kegiatan Kongres ISEI XXII dan Seminar Nasional 2024. Pertama, meminta pertanggungjawaban kepengurusan PP ISEI periode 2021-2024 serta pemilihan Ketua Umum PP ISEI periode 2024-2027.

Kedua, meningkatkan silaturahmi antar anggota dan pengurus ISEI di seluruh Nusantara, serta memperkuat basis pengelolaan organisasi ISEI dalam mewujudkan visinya sebagai organisasi yang berkontribusi nyata bagi perekonomian nasional, yang didukung oleh penguatan sinergi antar pengampu kebijakan di pusat dan daerah.

“Ketiga, meningkatkan peran aktif ISEI dalam mendorong kapabilitas akademis dan riset di perguruan-perguruan tinggi,” ujar Anggito dalam keterangan resminya dikutip 17 September 2024. 

Baca juga: Begini Cara ISEI Jakarta Atasi Tantangan Pengembangan Ekosistem Keuangan Digital RI

Keempat, lanjut Anggito, mendorong peran serta ISEI di dalam perumusan-perumusan kebijakan untuk menjawab berbagai tantangan ekonomi di tingkat nasional maupun global, terutama dalam rangka menghadapi tantangan geofragmentasi, serta siklus ekonomi dan keuangan yang semakin cepat dan rentan.

“Hasil perumusan kebijakan ekonomi tersebut akan disampaikan kepada pemerintah dan stakeholders, sebagai masukan perspektif/ pemikiran ISEI,” jelas Anggito. 

Tantangan Transformasi Ekonomi

Dalam Kongres XXII, ISEI juga menyoroti kompleksitas tantangan ke depannya. Setidaknya, ada lima tantangan. Pertama, perubahan siklus ekonomi dan keuangan yang semakin cepat dan berisiko menimbulkan kerentanan. 

Kedua, pergeseran pola sumber pertumbuhan ekonomi dunia dari Eropa dan Amerika Serikat (AS) ke Tiongkok, Indonesia dan India. 

Ketiga, perubahan demografi yang semakin menua di negara maju (aging population) dan milenial di negara Indonesia. 

Keempat, digitalisasi yang turut berperan menahan dampak pandemi dan terakhir inklusi serta ekonomi hijau yang perlu direspons dengan baik.

“Kompleksitas tantangan tersebut membuat kita membutuhkan sosok pimpinan di ISEI yang mampu melakukan transformasi ekonomi secara berkelanjutan. Siapa sosok tersebut? Itu tugas ketua-ketua cabang ISEI di seluruh Indonesia untuk mencarinya di Kongres,” ujar Anggito.

Sebagai rangkaian acara Kongres dan Seminar Nasional ISEI 2024, digelar juga beberapa kegiatan, yakni undangan penulisan karya ilmiah (call for paper) untuk dipresentasikan dan dipublikasikan di Jurnal Ekonomi Indonesia (JEI) yang dikelola ISEI.

Ada juga, international workshop untuk penulisan jurnal ilmiah berstandar internasional bekerjasama dengan BMEB workshop, Ketiga, pemaparan Kajian Terapan ISEI Cabang seluruh Indonesia dalam Kongres ISEI XII. Keempat, pelaksanaan rapat umum anggota (RUA) LAMEMBA.

Presiden Jokowi dijadwalkan akan memberikan arahan pada pembukaan Kongres ISEI XXII di hari pertama, Kamis, 19 September 2024. Selain itu, ada juga Walikota Surakarta Teguh Prakosa, serta Ketua Umum PP ISEI Perry Warjiyo periode 2021-2024 juga dijadwalkan akan memberikan sambutan.

Baca juga: Gelar Seminar KKP 5.0, ISEI Minta Masukan Stakeholder dan Akademisi Rumuskan Model Hilirisasi Pangan RI

Di hari pertama Kongres ISEI XXII juga akan digelar Call for Paper JEI ISEI, Workshop BMEB di FEB UNS, serta Seminar Nasional 2024. Seminar menghadirkan narasumber Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan, Kartika Wirjoatmodjo, Wakil Menteri BUMN, Eko Prasojo, Guru Besar FISIP Universitas Indonesia, dan Shinta W. Kamdani, Ketum APINDO).

Sementara itu, Kongres ISEI XXII akan digelar di hari kedua pada Jumat, 20 September 2024 dan ditutup dengan RUA LAMEMBA. (*) 

Related Posts

News Update

Top News