Menparekraf Sandiaga Uno Dorong UMKM Lokal Dapatkan Potensial Buyer dan Investor

Menparekraf Sandiaga Uno Dorong UMKM Lokal Dapatkan Potensial Buyer dan Investor

Jakarta – Melalui ajang Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengangkat potensi UMKM lokal ke pasar global. Ini merupakan upaya Kemenparekraf memfasilitasi kolaborasi antara pelaku industri kreatif dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, swasta, dan komunitas kreatif.

Menparekraf, Sandiaga Uno mengatakan sejak 2021, program AKI telah hadir dengan tujuan agar UMKM lokal bisa menembus pasar global. Ia berharap penyelenggaraan AKI dapat mewujudkan pencapaian nilai produk ekspor ekonomi kreatif tahun 2024 yang ditargetkan mencapai USD28 miliar.

“Saya berharap UMKM lokal dapat berkolaborasi dengan para peserta lainnya dan masyarakat setempat, sehingga produk-produk peserta AKI bisa mendapatkan potensial buyer dan investor. Kita ingin Indonesia memperluas produk-produk UMKM-nya tembus ke pasar global,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, dikutip Senin (26/8).

Baca juga: Jamkrindo Dorong UMKM Peternak Lebah Magelang Naik Kelas Lewat Bantuan TJSL dan Pembinaan

Sandiaga berharap, melalui pameran AKI seluruh pelaku ekonomi kreatif dapat meningkatkan kolaborasi antar pelaku industri kreatif yang menginspirasi generasi muda. Selain itu juga mempromosikan produk kreatif lokal agar dapat bersaing.

“Saya ingin memastikan bahwa AKI 2024 akan menghasilkan UMKM yang siap naik kelas sesuai janji saya,” imbuhnya.

Dalam 2024 ini, Kemenparekraf menggelar pameran AKI di sejumlah daerah, di antaranya di Labuan Bajo, NTT pada 8-10 Agustus 2024 dan Merauke, Papua Selatan pada 9-11 Agustus 2024.

Baca juga: Bantu UMKM Tingkatkan Kapasitas Usaha, Modalku dan LOTTE Grosir Lakukan Ini

Adapun, pameran AKI Labuan Bajo dan Merauke diikuti puluhan pelaku UMKM terpilih dari subsektor kriya, fesyen, kuliner, musik, serta film. Beberapa peserta pameran AKI yang merupakan pemenang dalam ajang pameran AKI menjadi bukti dari manfaat pagelaran AKI.

Untuk pameran AKI Labuan Bajo, sebanyak 3 UMKM keluar sebagai pemenang, yakni Delawa Coffee Manggarai, Hasni Collection, dan Segara Essentials. Sementara, di pameran AKI Merauke, tiga pemenangnya adalah RKD Coffee Merauke, Mabucha Jayapura dan Adli Food. (*) Alfi Salima Puteri

Related Posts

News Update

Top News