Kasus Mpox Baru Dilaporkan, Negara Mana Saja yang Terjangkiti?

Kasus Mpox Baru Dilaporkan, Negara Mana Saja yang Terjangkiti?

Jakarta – Mpox, jenis virus baru yang berpotensi lebih ‘mematikan’ ini menyebar dengan cepat di Afrika dan telah ditemukan di kawasan Asia dan Eropa.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri menyatakan, virus mpox sebagai “darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional” dan menekankan bahwa mpox “bukanlah COVID baru”.

Ini merupakan peringatan darurat kedua terkait mpox yang dikeluarkan badan kesehatan global tersebut dalam dua tahun terakhir.

Wabah yang terjadi saat ini dipicu oleh Clade 1, yang diyakini merupakan varian lebih serius yang dapat menyebar melalui kontak kulit ke kulit.

Mpox telah diidentifikasi di Afrika sejak tahun 2022, awalnya ditelusuri ke Republik Demokratik Kongo (DRC). Pada tahun 2023, strain baru Clade 1 ditemukan di DRC – Clade 1b.

Baca juga : Wabah Mpox jadi Darurat Kesehatan Global, Kenali Gejala hingga Penularannya

Wabah berbeda dari varian virus Clade 2 sebelumnya juga menyebar, meskipun pada tingkat yang lebih rendah, dengan lebih dari 100 negara melaporkan infeksi pada bulan lalu.

Lantas, sudah sejauh mana mpox menyebar di berbagai negara dengan cepat? Berikut laporannya seperti dinukil Al Jazeera, Sabtu, 24 Agustus 2024.

Afrika

Menurut data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika (CDC Afrika) dan pemerintah Kenya, Mozambik, Uganda, dan Pantai Gading, varian mpox Clade 1 telah terdeteksi di negara-negara berikut pada tahun ini:

Burundi (8 kasus, 0 kematian)

Kamerun (35 kasus, 2 kematian)

Republik Afrika Tengah (213 kasus, 0 kematian)

Pantai Gading (28 kasus, 1 kematian)

Republik Kongo (146 kasus, 1 kematian)

Kongo (13.791 kasus, 450 kematian)

Ghana (4 kasus, 0 kematian)

Liberia (5 kasus, 0 kematian)

Nigeria (24 kasus, 0 kematian)

Rwanda (2 kasus, 0 kematian)

Afrika Selatan (22, 3 kematian)

Uganda (4 kasus, 0 kematian)

Kenya (1 kasus, 0 kematian)

Mozambik (1 kasus, 0 kematian)

Kongo sendiri sedang mengalami wabah penyakit terbesar yang pernah tercatat dengan ribuan orang terinfeksi pada tanggal 21 Agustus. Pemerintah mendeklarasikan epidemi pada bulan Desember 2022.

Hampir semua kasus yang dilaporkan yakni 96 persen di seluruh Afrika terjadi di Kongo, di mana 60 persen kasusnya adalah anak-anak di bawah 15 tahun, kata CDC Afrika.

Baca juga : WHO: Wabah Mpox Bukan Varian Covid-19 Baru

Strain Clade 1b baru telah terdeteksi di negara-negara tetangga Kongo: Kenya, Rwanda, dan Uganda, yang sebelumnya belum pernah melaporkan kasus apa pun sejak wabah dimulai pada tahun 2022.

Sejauh ini, tercatat 541 kematian akibat mpox, dengan 535 kematian terjadi di Kongo (97 persen). CDC Afrika tidak mengklasifikasikan kematian berdasarkan jenis virus.

Asia

Pakistan (1 kasus, 0 kematian)

Filipina (1 kasus, 0 kematian)

Thailand (1 kasus, 0 kematian)

Di Thailand, pihak berwenang mengonfirmasi kasus baru Clade 1b pada hari Kamis (22/8) yang merupakan kasus strain baru pertama di Asia.

Individu tersebut, yang diidentifikasi sebagai pria Eropa berusia 66 tahun, dilaporkan kembali dari negara Afrika yang tidak disebutkan namanya yang saat ini mengalami wabah “besar” varian Clade 1.

Dia dilaporkan tidak memiliki gejala serius dan diyakini transit melalui negara Timur Tengah dalam perjalanan menuju Thailand.

Adapun di Filipina, pihak berwenang mengatakan varian Clade 2 yang lebih ringan telah terkonfirmasi dalam kasus terbaru di sana, yaitu seorang pria Filipina berusia 33 tahun yang tidak memiliki riwayat perjalanan.

Pasien tersebut adalah kasus ke-10 yang terkonfirmasi di negara tersebut sejak tahun 2022 dan pihak berwenang mengatakan mpox kemungkinan telah menyebar secara diam-diam selama beberapa waktu.

Pihak berwenang Pakistan mengatakan pasien pertama yang dilaporkan tahun ini adalah laki-laki yang terinfeksi Clade 2.

Namun, pihak berwenang mengatakan pekan lalu bahwa mereka mencoba melacak pasien tersebut, yang diyakini telah melakukan perjalanan ke provinsi lain sebelum hasil tes diumumkan.

Eropa

Swedia (1 kasus, 0 kematian)

Swedia melaporkan kasus mpox pada 15 Agustus yang dipastikan merupakan varian Clade 1 yang lebih serius.

“Sangat mungkin” bahwa Eropa akan mencatat lebih banyak kasus Clade 1 karena seringnya perjalanan udara antara Eropa dan Afrika, menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa.

Namun, penularan berkelanjutan mungkin rendah di Eropa jika kasus-kasus tersebut didiagnosis dengan cepat dan jika pengujian, pengawasan, dan pelacakan kontak dilakukan, kata badan tersebut. Uni Eropa telah mengesampingkan penutupan perbatasannya ke negara-negara yang terkena dampak paling parah.

Amerika, Timur Tengah, Oseania, dan Antartika

Sejauh ini belum ada negara di Amerika Utara atau Selatan yang melaporkan kasus Clade 1 baru.

Namun, mereka harus “waspada” terhadap kemungkinan kasus Clade 1 dan Clade 2, kata Organisasi Kesehatan Pan Amerika pada tanggal 9 Agustus.

Wilayah ini melaporkan lebih dari 62.000 kasus virus Clade 2 dari tahun 2022 hingga Juli 2024, termasuk 141 kematian.

Tidak ada kasus Clade 1 yang terkonfirmasi di Oseania atau Timur Tengah. (*)

Editor : Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News