Bantu UMKM Tingkatkan Kapasitas Usaha, Modalku dan LOTTE Grosir Lakukan Ini

Bantu UMKM Tingkatkan Kapasitas Usaha, Modalku dan LOTTE Grosir Lakukan Ini

Jakarta – Platform pendanaan digital Modalku menjalin kerja sama dengan perusahaan grosir Indonesia, LOTTE Grosir. Kemitraan ini menyediakan fasilitas pembayaran tempo bagi pelaku UMKM yang belanja kebutuan bisnis di LOTTE Grosir.

Kerja sama Modalku dan LOTTE Grosir ini diharapkan bisa mendukung kegiatan operasional bisnis puluhan ribu UMKM di seluruh LOTTE Grosir di area Jawa, Sumatera, Bali, Sulawesi, dan Kalimantan.

Selama ini, akses pendanaan menjadi salah satu kunci penting bagi keberlangsungan bisnis UMKM. Misalnya saja untuk meningkatkan kapasitas produksi dengan pembelian bahan baku dalam jumlah besar, mengelola arus kas, serta ekspansi bisnis. Adanya fasilitas pembiayaan akan membantu UMKM mengembangkan bisnisnya.

Menurut Kim Tae Hoon, President Director PT LOTTE Shopping Indonesia, kerja sama LOTTE Grosir dan Modalku berangkat dari kesamaan visi untuk mendukung pelanggan profesional dan UMKM dalam meningkatkan fokus mereka pada penjualan dan memperluas operasional bisnisnya.

“Kemitraan ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk tidak hanya menyediakan produk berkualitas dan harga yang kompetitif, tetapi juga memberikan dukungan finansial yang diperlukan oleh pelanggan kami untuk berkembang,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Rabu, 21 Agustus 2024.

Baca juga: Begini Cara Sampoerna Dorong UMKM Tingkatkan Daya Saing

Sementara, Arthur Adisusanto, Country Head Modalku, menerangkan, sektor retail menjadi salah satu fokus utama Modalku di tahun ini. Modalku melihat potensi besar karena produk retail tetap menjadi prioritas dalam belanja masyarakat Indonesia dari berbagai lapisan ekonomi dan demografi.

“Dengan mengintegrasikan fasilitas pendanaan kami dengan jaringan luas LOTTE Grosir, Modalku konsisten untuk memperluas jangkauan akses pendanaan kepada UMKM yang berpotensi tumbuh di Indonesia,” jelas Arthur.

Ditambahkan, pelaku UMKM yang telah berbentuk badan usaha (PT/CV) dan sudah menjadi mitra LOTTE Grosir dapat menggunakan fasilitas pembayaran tempo tanpa agunan dengan limit pendanaan maksimal Rp2 miliar dan tenor hingga 60 hari.

Bagi pelaku UMKM yang belum berbadan usaha, bisa juga memanfaatkan fasilitas ini. Tapi limit pendanaan hingga Rp300 juta dengan tenor 60 hari. Fasilitas pembiayaan ini bisa menjadi solusi bagi para pelaku usaha di bidang makanan maupun Horeka (Hotel, Restoran, dan Kafe) untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis, seperti meningkatkan stok barang dengan berbelanja di 36 cabang toko LOTTE Grosir di seluruh Indonesia.

Baca juga: Survei OCBC BFI: 60 Persen UMKM RI ‘Melek’ Manajemen Keuangan

Akses pendanaan mudah dan tanpa agunan ini membuat UMKM dapat lebih fleksibel dalam mengelola keuangan bisnis mereka, mendorong pertumbuhan, dan menjaga kelancaran operasional sehari-hari.

Catering Masterpiece adalah salah satu UMKM mitra LOTTE Grosir yang telah memanfaatkan fasilitas pendanaan Modalku. Dwi Saktiono, Pemilik Catering Masterpiece, mengatakan, sebagai penyedia jasa catering yang sering melayani korporat, ia sering menghadapi tantangan dalam hal pengelolaan modal. Kebanyakan korporat membayar dengan sistem tempo. Ini membuatnya membatasi pesanan besar.

“Namun, dengan bantuan fasilitas pendanaan dari Modalku, kami mendapat fleksibilitas pembayaran yang dibutuhkan dan dapat meningkatkan jumlah pesanan tanpa khawatir aliran kas terganggu,” terangnya. (*) Ari Astriawan

Related Posts

News Update

Top News