Begini Cara Sampoerna Dorong UMKM Tingkatkan Daya Saing

Begini Cara Sampoerna Dorong UMKM Tingkatkan Daya Saing

Jakarta – Sampoerna Grup bersama lembaga pemerintah maupun sektor swasta menggelar Sampoerna Festival UMKM 2024 bertajuk Kreasi Nusantara Kebanggaan Bangsa di area Garden Sampoerna Strategic Square, Jakarta. Berlangsung dari 20 hingga 23 Agustus 2024, Festival UMKM ini diramaikan oleh lebih dari 150 pelaku UMKM dengan produk-produk terpilih.

Saat ini, para pelaku UMKM semakin berani menunjukkan berbagai hasil karyanya melalui produk-produk lokal buatan anak Indonesia. Hasilnya, produk tersebut semakin berkembang dan kualitasnya tak kalah dengan produk-produk yang berasal dari luar negeri. Namun, dukungan dalam mengembangkan UMKM serta produk lokal butuh aksi nyata yang terus menerus.

Salah satunya adalah melalui Festival UMKM 2024, yang bertujuan untuk mempertemukan pelaku UMKM dan produk lokal. Festival ini diharapkan mampu menciptakan permintaan yang dibarengi dengan transaksi yang menguntungkan bagi pelaku dan produsen produk lokal.

Adhitya Pratama Yudha S. selaku Kepala Bidang UKM Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengatakan bahwa secara nasional sektor UMKM tahun 2023 telah menyumbag 61 persen produk domestik bruto dan menyerap 97 persen tenaga kerja sehingga sektor UMKM sangat penting untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Baca juga: Melesat 48 Persen, Laba Bersih Bank Sampoerna jadi Rp40,1 Miliar per Juni 2024

“UMKM di Jakarta juga harus beradaptasi dengan cepat mengingat Jakarta akan segera beralih ke kota global dengan cara melakukan inovasi dan kreativitas yang lebih. Kami berharap Sampoerna menjadi elemen pengungkit dalam mendorong UMKM lebih besar di sektor perekonomian ke depan dan bersinergi dengan pemerintah Provinsi DKI Jakarta,” ujarnya dikutip 21 Agustus 2024.

Sementara itu, Ketua Panitia Sampoerna Festival UMKM 2024, Luqmanul Hakim menjelaskan bahwa penyelenggaraan kali ini diikuti lebih dari 150 pelaku usaha yang berasal dari Jabodetabek, Medan, Surabaya dan Makassar serta dari berbagai bidang UMKM seperti fashion dan kuliner.

“Sampoerna Festival UMKM 2024 ini tidak hanya sekadar bazaar, namun juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas layanan konsultasi yang sangat penting bagi kelangsungan usaha para pelaku UMKM. Kami menyediakan layanan konsultasi perizinan NIB, merek, pajak, sertifikasi halal, hingga BPOM, yang semuanya dirancang untuk membantu para pelaku usaha agar dapat berkembang lebih baik dan berdaya saing tinggi,” ujar Luqman.

Baca juga: Dorong UMKM Naik Kelas, Pemerintah Berencana Buat Skema Kredit Baru

Selain itu, lanjut Luqman, Festival UMKM ini juga memberikan akses layanan publik yang relevan, seperti layanan terkait identitas kependudukan digital dan layanan pembuatan paspor.

“Kami percaya, dengan adanya berbagai layanan ini, para pelaku UMKM akan lebih mudah mengurus segala kebutuhan administratif yang diperlukan,” tegasnya.

Sebagai bentuk apresiasi, pada Sampoerna Festival UMKM 2024 ini memberikan sertifikat penghargaan kepada lembaga mitra dan instansi pemerintah yang telah berkenan memberikan dukungan melalui fasilitas layanan konsultasi bagi UMKM.

“Semoga acara ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi para pelaku UMKM, dan kita semua dapat terus berkolaborasi untuk memajukan perekonomian Indonesia,” ujar Luqman. (*)

Related Posts

News Update

Top News