Sandiaga Uno Targetkan Nilai Ekspor Industri Kreatif Tembus USD28 Miliar

Sandiaga Uno Targetkan Nilai Ekspor Industri Kreatif Tembus USD28 Miliar

Jakarta – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan industri kreatif Indonesia.

Salah satu langkah nyata dorong industri kreatif adalah melalui Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) yang digelar di Mega Mall, Batam, pada 2-4 Agustus 2024.

Acara ini berhasil menarik perhatian tidak hanya wisatawan lokal, tetapi juga pembeli dari Singapura dan Malaysia, serta menjadi ajang promosi produk-produk kreatif lokal ke pasar internasional.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengungkapkan bahwa keputusan untuk memindahkan acara ini ke Batam telah memberikan dampak positif yang signifikan.

“Berkat keputusan memindahkan acara ini ke Batam, kita langsung mendapat order dari wisatawan mancanegara seperti dari Singapura dan Malaysia. Sebagian produk sudah habis terjual dalam tiga hari penyelenggaraan,” ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu, 14 Agustus 2024.

Baca juga: Kemenparekraf Proyeksikan Industri Film Sumbang PDB 2024 hingga Rp3,41 Triliun

Lebih lanjut, Sandiaga menegaskan bahwa pencapaian ini membuktikan program Kemenparekraf tepat sasaran, bermanfaat, dan diselenggarakan tepat waktu. Ia berharap agar para peserta Pameran AKI Tanjung Pinang dapat memanfaatkan momentum ini untuk menembus pasar ekspor.

“Kita ingin produk-produk UMKM Kepulauan Riau ini bisa tampil sebagai andalan untuk menambah jumlah ekspor produk-produk ekonomi kreatif kita yang tahun ini ditargetkan mencapai 28 miliar dolar Amerika Serikat (AS),” tegasnya.

Pameran AKI 2024 di Batam menjadi salah satu strategi Kemenparekraf dalam memfasilitasi kolaborasi antara pelaku industri kreatif dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, swasta, dan komunitas kreatif.

Acara ini menampilkan berbagai produk unggulan dari subsektor fesyen, kerajinan tangan, kuliner, aplikasi, musik, dan film. Sebanyak 30 peserta berpartisipasi dalam pameran ini, dengan rincian 15 kuliner, 6 kriya, 4 fesyen, 1 aplikasi, 2 musik, dan 2 film.

Baca juga:  IMF Sebut Ekonomi Indonesia Tetap Solid di Tengah Ketidakpastian Global, Ini Alasannya

“Saya berharap agar acara seperti ini dapat terus diselenggarakan secara rutin dan menjadi agenda tahunan yang dinantikan oleh para pelaku industri kreatif, masyarakat luas, dan wisatawan mancanegara,” imbuh Sandiaga.

Selain menampilkan produk kreatif, Pameran AKI 2024 juga menggelar berbagai talkshow dan workshop yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya keberlanjutan dan inovasi dalam industri kreatif.

Setelah 3 hari penyelenggaraan, terpilih tiga finalis terbaik yang akan mewakili Tanjung Pinang dalam Malam Puncak AKI 2024 yang akan diadakan di Jakarta pada September 2024. Mereka adalah Ddwan (Juara 1), Sambal Mak Kocai (Juara 2), dan Gudem Bee Farm (Juara 3). (*) Alfi Salima Puteri

Related Posts

News Update

Top News