Anggaran HUT RI di IKN Bengkak, Tembus Rp87 Miliar

Anggaran HUT RI di IKN Bengkak, Tembus Rp87 Miliar

Jakarta – Kementerian Keuangan menyiapkan biaya sebesar Rp87 miliar untuk perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Dirjen Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatawarta menyebut anggaran Rp87 miliar tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan anggaran perayaan HUT RI ke-78 lalu yang sebesar Rp53 miliar yang diadakan di Jakarta.

“Tahun ini kami menyiapkan anggaran Rp87 miliar untuk perayaan 17-an di IKN, kalau dibanding tahun lalu di Jakarta itu Rp53 miliar,” jelas Isa dalam konferensi pers APBN KiTa, Selasa, 13 Agustus 2024.

Baca juga: Diam-diam Pemerintah Kerek Anggaran IKN di 2024, Sekarang Jadi Segini

Seperti diketahui, upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus mendatang, digelar di dua lokasi berbeda, yakni di IKN Kalimantan Timur dan Istana Merdeka Jakarta.

Isa menjelaskan kenaikan anggaran itu disebabkan oleh pengadaan alat-alat upacara baru di IKN hingga sarana prasarana fisik.

“Kenaikannya memang terutama karena pengadaan alat-alat upacara yang baru di sana. Rincian biaya yang besar itu alat upacara, penyiapan sarana fisiknya, itu yang perlu dilakukan di tempat yang baru di sana,” sebut Isa.

Baca juga: 18 Unit SPKLU PLN Siap Layani Kendaraan Listrik HUT RI ke-79 di IKN

Isa mengaku bahwa kebutuhan jamuan untuk HUT RI di IKN lebih besar dibandingkan di Jakarta. Sebab, belum banyak sarana prasarana untuk menjamu para tamu undangan.

“Jamuan juga cukup besar dibanding di Jakarta, terutama mungkin karena memang lokasinya belum tersedia cukup sarana-prasarana untuk jamuan ini,” pungkasnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News