Jalin Bakal Luncurkan Cash Deposit Machine untuk Pelaku UMKM

Jalin Bakal Luncurkan Cash Deposit Machine untuk Pelaku UMKM

Jakarta – PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) tengah mempersiapkan cash deposit machine (CDM), yakni mesin untuk melakukan setor tunai untuk nasabahnya. Mesin ini dinamakan Jalin Cash 360.

Menurut Eko Dedi Rukminto, Direktur Komersial Jalin, pihaknya menargetkan nasabah-nasabah bank untuk menggunakan mesin Jalin Cash 360. Tetapi, sebagai langkah awal, mereka akan menyasar pelaku usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM), atau masyarakat yang belum terdigitalisasi

“Misalnya, nanti CDM ini akan diletakkan di suatu kawasan seperti rest area. Nanti, alat itu bisa menerima uang setoran tunai dari pedagang atau tenan di kawasan tersebut,” ujar Eko kepada Infobank, di sela-sela Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2024, Kamis, 1 Agustus 2024.

Baca juga: Sinergi Zipay dan Jalin Perluas Layanan QRIS bagi Ekosistem UMKM RI

“Karena, kalau di daerah pinggiran, uang tunai itu masih lebih banyak dibandingkan uang digital. Jadi, tenan-tenan itu bisa pakai,” lanjut Eko.

Tidak hanya UMKM, Eko juga memastikan pekerja perusahaan besar yang bekerja di lapangan atau buruh di kawasan industri juga menjadi salah satu target. Dan pada tahap selanjutnya, Jalin Cash 360 akan diletakkan di daerah-daerah yang sudah lebih maju dan terdigitalisasi, seperti di pusat perbelanjaan.

Eko menambahkan, salah satu kelebihan CDM milik Jalin ini adalah mampu menerima berbagai nominal uang kertas, mulai dari Rp1.000 sampai Rp100.000. Ini akan sangat membantu bagi pedagang-pedagang untuk bisa segera menaruh uang mereka.

“Lalu, dia punya sensitivitas yang cukup bagus. Uang yang agak lecek atau agak lembab itu masih bisa diterima. Tapi, uang palsu akan langsung ketahuan dan di-reject,” tambah Eko.

Jalin sendiri sudah melakukan proof of concept di beberapa tempat. Eko berharap kalau Jalin Cash 360 bisa diluncurkan untuk publik saat Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

Baca juga: KemenKopUKM Ungkap Produk Impor Ilegal Terbukti Matikan Sektor UMKM

“Sebetulnya, kita sudah POC di beberapa tempat. Nah, kita pinginnya tanggal 17 Agustus itu sudah diluncurkan. Sudah merah putih,” tutupnya.

Saat ini, sudah ada 4 mitra yang bekerja sama dengan Jalin terhadap penggunaan CDM ini. Keempat perusahaan tersebut adalah Bank Nobu, Bank Raya, Pos Indonesia, dan DigiAsia.

Ke depannya, Jalin berharap akan lebih banyak pelaku industri yang bekerja sama untuk menggunakan Jalin Cash 360. (*) Mohammad Adrianto Sukarso

Related Posts

News Update

Top News