Privy Tekankan 2 Hal Ini untuk Keamanan Siber Industri Perbankan

Privy Tekankan 2 Hal Ini untuk Keamanan Siber Industri Perbankan

Jakarta – Masifnya teknologi digital dalam industri perbankan dihantui oleh ancaman serangan siber. Sudah ada beberapa kasus serangan siber yang terjadi di industri perbankan Tanah Air.

Melihat hal itu, VP Business Development PT Privy Identitas Digital (Privy) Rony Tanrim, mengatakan bahwa, terdapat dua hal yang perlu dilakukan oleh industri perbankan, yakni memiliki ISO 27001 dan satu Data Center (DC), serta satu Disaster Recovery Center (DRC).

“Keamanan siber membutuhkan, perlu adanya ISO 27001 itu tentang sistem informasi dan juga data privacy, itu maksudnya apa? ISO itu bukan hanya bapak ibu datangkan untuk perusahaan bapak ibu semua tetapi menjadi back power yang bekerja di dalam itu harus melakukan benar-benar secara disiplin semua suggestion atau pelaporan ceklis dari ISO tersebut yang pertama,” ucap Rony dalam Talkshow dan Peluncuran Buku ‘Keamanan Siber Bank’ oleh Infobank di Universitas Atma Jaya, Yogyakarta, 30 Juli 2024.

Baca juga: Makin Marak, Begini Strategi Tangkal Serangan Siber di Industri Perbankan

Selanjutnya, ia menjelaskan, perusahaan perbankan juga harus memiliki DC dan DRC sebagai langkah mitigasi risiko dan keamanan dalam proses digitalisasi.

“Sebenarnya kita semua tidak perlu takut. Kita butuh disiplin melakukan mirroring data antara DC dan DRC itu sehingga dengan sepersekian menit memang tidak mungkin sepersekian
detik. Jadi DRC-nya itu seperti genset Bapak-Ibu semua. Gampangnya seperti genset apabila let’s say ruangan ini, mohon maaf ya Bu dekan ya, misalnya lampunya mati. Tapi saya yakin Bu dekan sudah punya genset yang bisa sepersekian menit menyala,” imbuhnya.

Baca juga: Marak Praktik Kejahatan Siber, Roberto Titip Tiga Pesan Penting bagi Industri Perbankan

Dalam hal ini, Rony menekankan pentingnya kepemilikan DRC bagi sebuah institusi industri keuangan dan Privy dapat menjadi salah satu solusi untuk memberikan keamanan dan kenyamanan pada proses keberlangsungan digitalisasi.

“Digital harus ada obatnya, obatnya adalah harus waspada dan Privy bisa bantu semua itu untuk memberikan keamanan dan kenyamanan di bidang keahlian kami. Jadi produk kami ada e-KYC, Digital Signature, dan e-Materai,” ujar Rony. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News