Bank Danamon Cetak Laba Rp1,5 Triliun di Semester I 2024

Bank Danamon Cetak Laba Rp1,5 Triliun di Semester I 2024

Jakarta – PT Bank Danamon Indonesia Tbk hingga semester I 2024 berhasil mencetak laba bersih setelah pajak (NPAT) sebesar Rp1,5 triliun.

Pendapatan laba bersih Bank Danamon tersebut, didukung dengan penyaluran kredit termasuk Trade Finance meningkat sebesar 14 persen secara tahunan (yoy) menjadi Rp183,9 triliun.

“Danamon berhasil mencapai pertumbuhan tahunan dua digit untuk total kredit dan Dana Pihak Ketiga (DPK), didukung oleh pertumbuhan berkelanjutan di seluruh lini bisnis (Enterprise Banking & Financial Institution, Consumer Banking, SME Banking & Adira Finance),” ujar Direktur Utama Bank Danamon Indonesia Daisuke Ejima, Selasa, 30 Juli 2024.

Baca juga: Biaya Kredit Naik, Laba BTPN Susut 15 Persen jadi Rp1,2 Triliun per Juni 2024

Pertumbuhan kredit juga dibarengi dengan kualitas aset yang terus terjaga. Hal ini tercermin dari rasio cakupan Non-Performing Loan (NPL coverage) yang meningkat menjadi 263,2 persen dari 259,9 persen pada tahun lalu. Sementara, rasio gross NPL membaik 10 basis poin (bps) menjadi 2,2 persen.

Adapun, penghimpunan DPK juga meningkat 15 persen yoy menjadi Rp146,1 triliun. DPK ini disokong oleh pertumbuhan Granular Funding sebesar 10 persen pada semester I 2024.

Dari sisi rentabilitas, Bank Danamon mencatatkan kenaikan pendapatan operasional menjadi Rp9,4 triliun, yang didukung oleh pertumbuhan pendapatan bunga bersih dan pendapatan komisi. 

Danamon juga berhasil membukukan Pre-Provision Operating Profit (PPOP) Rp4,3 triliun. Raihan ini ditopang oleh kenaikan pendapatan operasional dengan tetap memprioritaskan investasi berkelanjutan untuk pembangunan fondasi bisnis.

Ejima bilang bersama MUFG sebagai perusahaan induk dengan jaringanglobal dan lokal serta grup perusahaan (Adira Finance, Home Credit Indonesia, Mandala Finance, dan Zurich Indonesia) juga mitra strategis lainnya, Danamon berkomitmen untuk terus bertransformasi sebagai satu grup finansial guna menjadimitra keuangan terpercaya yang berorientasi kepada nasabah.

“Danamon akan terus berinovasi untuk tumbuh bersamamenjadi grup finansial terkemuka yang memenuhi kebutuhan nasabah, karyawan, pemegang saham dan regulator,” jelasnya.

Baca juga: J Trust Bank Cetak Laba Bersih Rp86,49 Miliar di Kuartal II-2024, Ini Pemicunya

Sebagai refleksi dari komitmen untuk terus bertransformasi, Bank Danamon dengan bangga mengumumkan pembaruan dari logo Danamon yang diluncurkan bertepatan dengan hari ulang tahun yang ke-68 pada 16 Juli 2024.

“Hari ulang tahun ke-68 ini menandai perjalanan berkelanjutan kami sebagai Grup Finansial terkemuka dalam memberikan kontribusi aktif terhadap pertumbuhanperekonomian Indonesia,” ujar Ejima. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News