Meroket 311 Persen, Autopedia Sukses Lestari Raup Laba Bersih Rp27,2 Miliar

Meroket 311 Persen, Autopedia Sukses Lestari Raup Laba Bersih Rp27,2 Miliar

Jakarta – PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) telah mencatatkan laba bersih di semester I 2024 sebesar Rp27,2 miliar dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat Rp6,6 miliar. Angka tersebut meroket 311 persen secara tahunan atau year-on-year (yoy).

ASLC sebagai emiten perdagangan otomotif omnichannel bidang penjualan retail mobil bekas (Caroline.id) dan bisnis lelang (JBA) ini merinci, kenaikan laba bersih tersebut didukung oleh pendapatan sebesar Rp381,8 miliar atau naik 32 persen yoy.

Presiden Direktur ASLC, Jany Candra, mengatakan bahwa peningkatan pendapatan tersebut didorong oleh volume sales yang lebih tinggi dilelang dan penjualan mobil bekas, sekaligus efisiensi operasional bisnis melalui berbagai strategi yang telah diterapkan sejak IPO.

Baca juga: IMOTO Perkenalkan Motor Listrik Pertamanya di RI, Produksi Mulai 2025

“Kenaikan laba bersih yang signifikan didukung oleh peningkatan pendapatan yang solid menunjukkan bahwa strategi dan langkah bisnis Perseroan telah berada di jalur yang benar. Angka-angka kinerja keuangan tersebut merupakan buah dari ekspansi bisnis yang telah dilaksanakan selama ini,” ucap Jany dalam keterangan resmi dikutip, 29 Juli 2024.

Secara rinci, bisnis retail mobil bekas melalui Caroline.id memberikan kontribusi paling besar terhadap pendapatan ASLC pada semester ini, seiring dengan meningkatnya volume penjualan mobil bekas yang didukung oleh ekspansi jumlah showroom, dengan kontribusi sebesar 66,4 persen terhadap total pendapatan Perseroan.

Caroline.id mencatatkan pendapatan sebesar Rp253,5 miliar, meningkat 26 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp200,9 miliar dan berencana menambah beberapa showroom di semester II tahun ini sebagai langkah mendukung pertumbuhan pendapatan.

Lebih lanjut, kegiatan unit lelang JBA
meraih pendapatan sebesar Rp126,5 miliar, berkontribusi sebesar 33,1 persen terhadap total pendapatan Perseroan.

Baca juga: Autopedia Sukses Lestari Bidik Pendapatan Tumbuh Double Digit di Akhir 2024

Jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp88,0 miliar, unit bisnis lelang pada semester ini tumbuh sebesar 43,7 persen didorong oleh peningkatan volume kendaraan bekas, baik roda dua maupun roda empat, yang berhasil dilelang oleh JBA.

Tidak ketinggalan, unit usaha baru ASLC, yaitu MotoGadai yang didirikan pada Juni 2023 juga memberikan kontribusi terhadap pendapatan Perseroan, yaitu sebesar Rp1,7 miliar. Perseroan bertekad akan terus mengembangkan dan menjaga stabilitas kegiatan usaha baru di bidang pegadaian ini agar terus bertumbuh. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News