Dorong Literasi Teknologi pada Anak, WIR Group dan Batumbu Gandeng YSA

Dorong Literasi Teknologi pada Anak, WIR Group dan Batumbu Gandeng YSA

Jakarta – Emiten teknologi PT WIR ASIA Tbk atau WIR Group (WIRG) dan fintech lending PT Berdayakan Usaha Indonesia (Batumbu) mengimplementasikan program corporate social Responsibility (CSR) bagi Yayasan Sahabat Anak (YSA).

Program itu berkaitan dengan Hari Anak Nasional (HAN) yang diperingati setiap 23 Juli. Berkaitan dengan program itu pula, WIRG dan Batumbu menerima kunjungan YSA pada 18 Juli kemarin.

Kunjungan YSA yang dipimpin oleh Frisca Hutagalung, diterima langsung Direktur Utama WIR Group Stephen Budiman dan Deputy CEO/Managing Director Batumbu Reza Perazi Armadi. WIRG dan Batumbu berkomitmen pada kesejahteraan dan perkembangan literasi teknologi anak-anak di Indonesia. Program CSR ini mengusung tema “Teknologi untuk Anak: Menginspirasi Masa Depan yang Cerah”.

Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pengalaman edukatif bagi anak-anak, serta menumbuhkan kesadaran akan pentingnya teknologi dalam mendukung pembelajaran dan kreativitas mereka.

Baca juga: Marak Serangan Siber, AFTECH: Perlu Ada Update Keamanan Teknologi di Industri Fintech

Penetrasi internet pada anak-anak Indonesia relatif tinggi. Mengacu data Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII), penetrasi pengguna internet usia 5-12 tahun sebesar 62,43 persen dan usia 13-18 tahun sebesar 99,16 persen menjadikannya kelompok usia dengan penetrasi usia tertinggi.

Maka itu, anak-anak diharapkan dapat belajar dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan, mengembangkan keterampilan kritis seperti pemecahan masalah dan kreativitas.

Teknologi membuka peluang bagi anak-anak untuk menjelajahi dunia di luar lingkungan fisik mereka, memberikan akses ke informasi dan pengetahuan yang tak terbatas. Selain itu, pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan teknologi sejak dini mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan masa depan yang semakin berbasis digital.

“Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Batumbu dan Yayasan Sahabat Anak dalam program CSR ini. Teknologi memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk masa depan anak-anak, dan melalui kegiatan ini, kami berharap dapat memberikan inspirasi dan dukungan kepada mereka untuk terus belajar dan berkembang,” ujar Direktur WIR Group Jeffrey Budiman dalam keterangan resmi, Senin, 22 Juli 2024. 

Teknologi imersif dan web3, termasuk AR, VR, AI, dan blockchain, memiliki potensi besar dalam perkembangan anak. Contohnya dalam menyediakan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan interaktif, menciptakan program pembelajaran yang dipersonalisasi, serta melindungi identitas dan informasi anak-anak secara digital.

Baca juga: Sinergi Intikom, IBM dan Consolsys Sediakan Layanan Teknologi Efisiensi Cabang Perbankan

Sementara, Deputy CEO/Managing Director Batumbu Reza Perazi Armadi, menambahkan, pihaknya mengapresiasi inisiatif WIR Group dalam mendukung pemenuhan hak anak melalui pendekatan teknologi. Program ini sejalan dengan visi Batumbu untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan anak secara holistik.

“Ke depannya, kita dapat bersama-sama terus membangkitkan keterampilan teknis anak-anak, memastikan mereka siap menghadapi tantangan dan peluang di era digital yang terus meningkat, sehingga memberikan dampak positif pada perekonomian nasional sekaligus sebagai salah satu upaya kami untuk terus meningkatkan inklusi keuangan yang lebih baik,” ujarnya.  

WIRG dan Batumbu menyerahkan partisipasi untuk kegiatan Jambore Sahabat Anak (JSA) XXVI yang digelar YSA dalam rangka Hari Anak Nasional dan bagian dari kampanye Gerakan Sahabat Anak. (*) Ari Astriawan

Related Posts

News Update

Top News