Perluas Pangsa Pasar, KB Bank Syariah Gandeng Badan Usaha Muhammadiyah

Perluas Pangsa Pasar, KB Bank Syariah Gandeng Badan Usaha Muhammadiyah

Jakarta – KB Bank Syariah (KBBS) menjalin kerja sama dengan PT Surya Finansial Utama (SFU), yang merupakan Badan Usaha Milik Muhammadiyah (BUMM) guna menciptakan peluang bisnis baru.

Bisnis tersebut meliputi B2B dan B2C yang menyediakan berbagai produk dan layanan keuangan syariah yang inovatif untuk mendukung berbagai kegiatan bisnis Muhammadiyah yang dikelola oleh warga Muhammadiyah di seluruh Indonesia.

Melalui kerja sama ini, KB Bank Syariah akan menjadi mitra eksklusif PP Muhammadiyah dalam memberikan layanan keuangan syariah bagi sekitar 12 juta warga aktif Muhammadiyah yang terdiri dari Gen X, Milenial, dan Gen Z, serta ratusan Badan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang membutuhkan kemitraan.

Baca juga: KB Bank Syariah Jalin Kerjasama Pengelolaan Wakaf dalam Bentuk Cash Waqf Linked Deposit

Direktur Utama SFU Ardian Asmar menjelaskan, eksklusivitas ini akan memastikan bahwa seluruh warga dan afiliasinya mempunyai akses prioritas terhadap produk dan layanan keuangan yang dikembangkan khusus untuk memenuhi kebutuhan warga Muhammadiyah.

KB Syariah akan memiliki close loop access yang luas kepada AUM dan Insan Muhammadiyah sebagai calon penyimpan iB Siaga, produk iB Haji, debitur pembiayaan multiguna syariah, kepemilikan rumah, kepemilikan emas, bahkan aktivitas transaksi sehari-hari pembelian kredit, token listrik, bayar tagihan, dan lain-lain.

“Kemitraan strategis antara KB Bank Syariah dan SFU merupakan jawaban atas kebutuhan masyarakat dan Persatuan Muhammadiyah di atas,” ujar Ardian dalam penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara KBBS dan SFU di Jakarta, Kamis, 11 Juli 2024.

Di kesempatan yang sama, Lee Woo-yeol, Presiden KB Bank Indonesia mengatakan, KB Financial Group akan lebih aktif mendukung digitalisasi komunitas Muslim Indonesia melalui kolaborasi ini. Selain itu, penyediaan layanan keuangan digital baru mendorong perkembangan bisnis dan ekonomi syariah.

“Fokus utama dalam kerja sama ini adalah penyiapan ekosistem syariah yang komprehensif,” jelas Lee Woo-yeol.

Baca juga: Bank Sumut Sediakan  Layanan Keuangan Syariah untuk PW Muhammadiyah Sumut

Ekosistem tersebut termasuk pengembangan layanan keuangan sesuai prinsip syariah, edukasi keuangan syariah, serta dukungan terhadap inisiatif yang berkontribusi terhadap kesejahteraan sosial dan ekonomi umat Islam.

Diharapkan dengan ekosistem ini, kebutuhan keuangan warga Muhammadiyah dapat dipenuhi dengan aplikasi digital baru bernama KB FIntechMu.

KB Bank Syariah dan SFU akan bersinergi untuk meningkatkan akses layanan keuangan digital bagi masyarakat Muhammadiyah.

“Termasuk di daerah terpencil, sehingga memudahkan transaksi keuangan sehari-hari bagi warga Muhammadiyah,” tutupnya. (*)

Related Posts

News Update

Top News