PM Modi Sambangi Putin di Kediamannya, Bikin Ketar-Ketir AS dan Sekutu?

PM Modi Sambangi Putin di Kediamannya, Bikin Ketar-Ketir AS dan Sekutu?

Jakarta – Presiden Rusia Vladimir Putin menyambut kedatangan Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi di kediamannya di Novo-Ogaryovo, Senin, 8 Juli 2024. 

Diketahui, kedua negara akan menggelar pembicaraan resmi pada hari ini, Selasa (9/7), yang berfokus pada kerja sama di sektor energi, perdagangan serta produksi dan pasokan pupuk.

“Pembicaraan resmi kami akan dilakukan besok, sementara hari ini dalam suasana yang nyaman dan nyaman ini kami mungkin dapat membahas masalah yang sama, namun secara tidak resmi,” kata Putin, dikutip Al Jazeera, Selasa, 9 Juli 2024.

Sementara itu, Modi mengunggah foto kedatangannya di Moskow melalui akun X, dalam bahasa Rusia dan Inggris, dan mengatakan bahwa dirinya berharap untuk lebih memperdalam kemitraan strategis khusus dan istimewa antara kedua negara.

“Hubungan yang lebih kuat antara negara kita akan sangat bermanfaat bagi rakyat kita,” tulis Narendra, juga membagikan foto dirinya dan Putin berpelukan.

Baca juga: Putin Sebut Negaranya Tidak Nyatakan Gencatan Senjata di Ukraina, Ini Alasannya

Diketahui, Modi terakhir kali melakukan perjalanan ke Rusia pada tahun 2019, ketika ia menghadiri sebuah forum di Pelabuhan Timur Jauh Vladivostok dan bertemu dengan Putin. Para pemimpin juga bertemu satu sama lain pada bulan September 2022 di KTT Organisasi Kerjasama Shanghai, yang diadakan di Uzbekistan.

Rusia sendiri tetap menjadi pemasok utama minyak dan senjata dengan harga lebih murah ke India, terutama setelah sanksi terhadap Moskow yang diberlakukan oleh Amerika Serikat dan sekutunya, yang merupakan respons terhadap invasi Rusia ke Ukraina dan menutup sebagian besar pasar negara-negara Barat untuk ekspor Rusia.

Menurut para analis, India kini mendapat lebih dari 40 persen impor minyaknya dari Rusia.

Minyak dan Senjata

Di bawah kepemimpinan Modi, India tidak mengutuk tindakan militer Rusia di Ukraina, namun menekankan perlunya penyelesaian damai. Namun, isolasi Rusia dari Barat dan berkembangnya persahabatan dengan Beijing telah mempengaruhi kemitraan lama Moskow dengan New Delhi.

Adapun, India dan Tiongkok merupakan rival sengit yang bersaing untuk mendapatkan pengaruh strategis di Asia Selatan. Konfrontasi pada bulan Juni 2020 di sepanjang perbatasan Tiongkok-India yang disengketakan secara dramatis mengubah hubungan mereka yang sudah sensitif ketika pasukan yang bersaing bertempur dengan batu, pentungan, dan tinju. 

Baca juga: Amerika dan China Memanas, RI Sebagai Mitra Dagang Harus Bagaimana?

Sedikitnya 20 tentara India dan empat tentara Tiongkok tewas. Ketegangan terus berlanjut meski ada pembicaraan. Modi terutama melewatkan pertemuan puncak Organisasi Kerja Sama Shanghai minggu lalu di Kazakhstan, sebuah kelompok keamanan yang didirikan oleh Moskow dan Beijing.

Sementara itu, negara-negara Barat juga membina hubungan dengan India sebagai benteng melawan Tiongkok dan pengaruhnya yang semakin besar di Asia Pasifik, sekaligus menekan India untuk menjauhkan diri dari Rusia.

India adalah bagian dari kelompok Quad bersama Australia, Jepang, dan Amerika Serikat, yang memposisikan dirinya melawan Tiongkok di kawasan Asia-Pasifik.

Departemen Luar Negeri AS pada hari Senin mengatakan Washington telah menyampaikan kekhawatirannya kepada India mengenai hubungannya dengan Rusia di tengah invasi Moskow ke Ukraina.

“Kami akan mendesak India, seperti yang kami lakukan pada negara mana pun ketika terlibat dengan Rusia, untuk memperjelas bahwa resolusi apa pun terhadap konflik di Ukraina harus menghormati Piagam PBB, yang menghormati integritas wilayah Ukraina, kedaulatan Ukraina,” kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller kepada wartawan.

“Dan India adalah mitra strategis yang dengannya kami terlibat dalam dialog yang penuh dan jujur, termasuk kekhawatiran kami mengenai hubungan dengan Rusia,” tambahnya.

Sementara itu, para analis mengatakan Modi diperkirakan akan berusaha melanjutkan hubungan dekat dengan Rusia, mengingat peran Moskow sebagai pemasok pertahanan utama bagi India.

“Kerja sama pertahanan jelas akan menjadi bidang prioritas,” kata Chietigj Bajpaee, peneliti senior Asia Selatan di Chatham House, kepada kantor berita Associated Press.

Para analis juga mencatat bahwa sikap netral India terhadap perang di Ukraina telah mendukung upaya Putin untuk melawan apa yang ia sebut sebagai dominasi Barat dalam urusan global.

Menyusul surat perintah penangkapan yang dikeluarkan pada tahun 2023 oleh Pengadilan Kriminal Internasional atas tindakannya di Ukraina, perjalanan Putin ke luar negeri jarang terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Kunjungan Modi, menurut para analis, dapat membantu pemimpin Rusia itu meningkatkan pengaruhnya.

“Kami seperti melihat Putin melakukan perjalanan nostalgia, Anda tahu, dia berada di Vietnam, dia berada di Korea Utara,” Theresa Fallon, seorang analis di Pusat Studi Rusia, Eropa, Asia.

Adapun, Menteri Luar Negeri India Vinay Mohan Kwatra mengatakan. karena kerja sama energi yang kuat, perdagangan India-Rusia meningkat hingga hampir $65 miliar pada tahun keuangan 2023-2024.

Impor dari Rusia mencapai $60 miliar dan ekspor dari India $4 miliar pada tahun keuangan 2023-2024. Tahun keuangan India berlangsung dari bulan April hingga Maret.

Dia mengatakan India berusaha memperbaiki ketidakseimbangan perdagangan dengan Rusia dengan meningkatkan ekspornya.

Diketahui, ekspor utama India ke Rusia meliputi obat-obatan dan produk farmasi, instrumen telekomunikasi, besi dan baja, produk kelautan dan mesin. 

Impor terbesar dari Rusia meliputi minyak mentah dan produk minyak bumi, batu bara dan kokas, mutiara, batu mulia dan semimulia, pupuk, minyak sayur, emas dan perak.

Dari Rusia, Modi akan melakukan perjalanan ke Wina untuk kunjungan pertama ke ibu kota Austria yang dilakukan pemimpin India sejak Indira Gandhi pada tahun 1983. (*)

Editor : Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News