BPJS Kesehatan Rilis Layanan Face Recognition, Peserta Bisa Pindah Faskes Hanya 2 Menit

BPJS Kesehatan Rilis Layanan Face Recognition, Peserta Bisa Pindah Faskes Hanya 2 Menit

Jakarta – BPJS Kesehatan merilis inovasi digital teranyar Face Recognition BPJS Kesehatan (FRISTA) dalam memudahkan pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 

Adapun, sistem ini memungkinkan autentikasi pengguna menggunakan fitur wajah untuk mengakses pelbagai fitur layanan milik BPJS Kesehatan, termasuk pindah fasilitas kesehatan (faskes) tingkat 1.

“Fitur autentikasi wajah FRISTA dapat dimanfaatkan peserta untuk pindah fasilitas kesehatan tingkat 1,” kata Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti, di Kantor Pusat BPJS Kesehatan, Senin, 8 Juli 2024.

Baca juga : DPR Minta Layanan BPJS Kesehatan Berbenah, Tiga Aspek Ini Jadi Catatannya

Ia mengatakan, perpindahan fasilitas kesehatan menggunakan layanan autentikasi wajah FRISTA sangat cepat dan mudah. Setidaknya, hanya membutuhkan waktu sekitar 2 menit. 

Pihaknya menekankan, dengan layanan satu ini juga proses verifikasi identifikasi peserta jauh lebih akurat dan cepat sehingga mengurangi antrean.

Diketahui, inovasi layanan satu ini merupakan hasil kolaborasi dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dengan BPJS Kesehatan. 

Baca juga: Catat! Begini Cara Mudah Tes Kesehatan Mental Pakai BPJS Kesehatan

Di mana, implementasi layanan FRIST telah berintegrasi dengan data yang berada di Dukcapil untuk verifikasi peserta. 

Lanjutnya, melihat banyaknya data yang diperlukan, BPJS Kesehatan pun melakukan manajemen perlindungan berlapis demi memastikan data tidak bocor.

“Tentunya kami sangat concern tentang data security. Kita berupaya untuk perlindungan data pribadi dan kita jaga agar tidak sampai bocor,” pungkasnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News