Harga Emas Diprediksi Akan Lanjutkan Tren Kenaikan

Harga Emas Diprediksi Akan Lanjutkan Tren Kenaikan

Jakarta – DBS Bank memprediksi harga emas akan terus melanjutkan tren kenaikannya di tengah pelemahan mata uang yang masih berlangsung.

Senior Investment Strategis DBS Bank, Joanne Goh, menyatakan bahwa pembelian emas oleh bank sentral masih akan terjadi dalam beberapa tahun ke depan, seiring situasi geopolitik yang semakin memburuk.

“Jadi untuk emas, kita juga harus melihat permintaan dan penawarannya. Jadi permintaan dari bank sentral ada, tapi pasokan emas sangat terbatas. Oleh karena itu, menurut kami dengan pembelian yang dilakukan oleh bank sentral, permintaan akan tetap ada,” ucap Joanne dalam CIO Market Outlook semester II-2024 secara virtual, 24 Juni 2024.

Baca juga: Ternyata Gara-gara Ini Harga Emas Terus Melambung

Tetapi ia menuturkan, harga emas sempat mengalami penurunan, ketika penggunaan dolar dan obligasi cukup kuat dalam enam bulan terakhir.

“Jadi karena kami memperkirakan penggunaan obligasi akan berkurang dalam enam bulan ke depan, dan dolar juga akan melemah dalam enam bulan ke depan. Hal ini akan terus mendukung harga emas dalam beberapa bulan ke depan,” ujar Joanne.

Baca juga: Ini Dia 5 Tips Menabung Emas Buat Pemula dengan Gaji UMR

Adapun, berdasarkan data Refinitiv, harga emas dunia di pasar spot mengalami peningkatan sebanyak 0,2 persen ke posisi USD2.324,98 per troy ons, pada perdagangan Senin (24/6).

Di mana, harga emas PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau Antam ikut meningkat Rp3.000 menjadi Rp1.360.000 per gram, dan harga buyback emas di posisi Rp1.235.000. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News