Prabowo Bertemu Presiden Xi Jinping di China, Bahas Apa?

Prabowo Bertemu Presiden Xi Jinping di China, Bahas Apa?

Jakarta – Menteri Pertahanan sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto melangsungkan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping di The Great Hall of the People in Beijing, China, Senin (1/4).

Pertemuan keduanya terkait rencana aksi penguatan kemitraan strategis komprehensif dalam berbagai bidang antara Indonesia dan China,  termasuk pertahanan, ekonomi, dan keamanan.

“Terkait kerja sama pertahanan, saya memandang China adalah salah satu mitra kunci dalam memastikan perdamaian dan stabilitas kawasan,” kata Prabowo, dinukil laman kemhan.go.id, Selasa 2 April 2024.

Baca juga : Anies Sentil Prabowo Subianto Soal Pembelian Alutsista Bekas, Anggarannya Gak Main-Main

Indonesia kata Prabowo juga berkomitmen memenuhi kebutuhan alutsista Indonesia, termasuk peningkatan kerja sama industri pertahanan dan dialog produktif, serta kerja sama antar matra.

Sementara itu, Presiden Xi Jinping menyatakan komitmen China untuk meningkatkan kerja sama strategis komprehensif dengan Indonesia. 

Hal ini menunjukkan keinginan China untuk memperkuat hubungan bilateral dengan Indonesia dalam berbagai bidang, termasuk pertahanan, ekonomi, dan keamanan.

Baca juga : Duet Prabowo Subianto dan Erick Thohir jadi Top of Mind Pilpres 2024

Presiden Xi Jinping juga menegaskan bahwa China siap untuk memberikan kontribusi positif dalam menjaga perdamaian dan stabilitas regional serta global. Presiden Xi menekankan pentingnya kerja sama antara China dan Indonesia dalam menjaga keamanan maritim di wilayah Asia Tenggara.

Tidak hanya itu, China juga menyatakan kesiapannya untuk memperdalam kerja sama maritim dengan Indonesia, sebagai langkah untuk memperkuat hubungan kedua negara di bidang kelautan. 

Selain itu, China juga berkomitmen untuk membantu negara-negara ASEAN dalam upaya pengentasan kemiskinan, menunjukkan peran aktif China dalam mendukung pembangunan dan kesejahteraan di kawasan Asia Tenggara. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News